LONTONG LODEH LAUK OSENG-OSENG USUS AYAM



Menu lontong lodeh, pasti sering kita jumpai di berbagai tempat. Di Lamongan Jawa Timur, menu lodeh di sajikan sedikit berbeda, karena menyajikan lontong lodeh dengan lauk yang khas yakni oseng-oseng usus ayam. Dengan harganya yang murah, menu ini bisa memuaskan para pecinta kuliner.

Warung lontong lodeh dengan lauk khas oseng-oseng usus tersebut, berada di kelurahan Sukorejo Kecamatan Kota Lamongan. Warung milik ibu Sundarwiyah ini sudah berdiri sejak tahun enam puluhan dengan lontong lodeh sebagai menu andalannya. Meski hanya menggunakan teras rumahnya sebagai warung, hampir di pastikan warungnya tidak pernah sepi pengunjung.

Rata-rata pengunjung warung Sundarwiyah datang pada saat makan siang. Apalagi, harga lodeh oseng-oseng usus ini cukup murah, yakni sebesar Lima Ribu Rupiah saja.

Lontong lodeh ibu Sundarwiyah di kenal cukup menggugah selera makan, karena rasa kuah santannya yang dipadu dengan bumbu lengkap. Ditambah dengan serundeng berbahan parutan kelapa yang berasa sedikit pedas.

Bahan dasar kuah adalah daun serih, daun bawang, cabe rawit, ketumbar, kemiri serta beberapa rempah-rempah lainnya. Bahan-bahan tersebut di campurkan jadi satu di sebuah panci yang berisi air mendidih bersama kecambah dan mie. Selanjutnya adalah menambahkan santan yang di panaskan sekitar 10 menit, untuk selanjutnya di tambahkan usus ayam yang sudah di goreng sebelumnya.

Untuk penyajiannya, makanan khas Lamongan ini di campur lontong dan serundeng yang di taburkan di atasnya. Sementara, usus ayam dalam penyajiannya dipisahkan dengan kuah lodeh, agar rasanya tidak bercampur dengan rasa kuah lodeh.

“Oseng-oseng usus ayam yang dimasak dengan menggunakan kompor tradisional, memiliki rasa gurih dan aroma yang sedap”, ujar Muhajir, salah seorang penikmat lontong lodeh ini.

Penjualan lontong lodeh usus ayam cukup tinggi. Setiap harinya, Sundarwiyah mampu menjual hingga mencapai 250 porsi.

Para pembeli bahkan ada yang berasal dari luar kota yang sengaja berkunjung ke warung makan di kawasan kota Lamongan ini. Mereka sengaja jauh-jauh datang untuk menikmati lodeh dengan oseng-oseng usus ayam yang khas.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...