LONTONG LODEH LAUK OSENG-OSENG USUS AYAM



Menu lontong lodeh, pasti sering kita jumpai di berbagai tempat. Di Lamongan Jawa Timur, menu lodeh di sajikan sedikit berbeda, karena menyajikan lontong lodeh dengan lauk yang khas yakni oseng-oseng usus ayam. Dengan harganya yang murah, menu ini bisa memuaskan para pecinta kuliner.

Warung lontong lodeh dengan lauk khas oseng-oseng usus tersebut, berada di kelurahan Sukorejo Kecamatan Kota Lamongan. Warung milik ibu Sundarwiyah ini sudah berdiri sejak tahun enam puluhan dengan lontong lodeh sebagai menu andalannya. Meski hanya menggunakan teras rumahnya sebagai warung, hampir di pastikan warungnya tidak pernah sepi pengunjung.

Rata-rata pengunjung warung Sundarwiyah datang pada saat makan siang. Apalagi, harga lodeh oseng-oseng usus ini cukup murah, yakni sebesar Lima Ribu Rupiah saja.

Lontong lodeh ibu Sundarwiyah di kenal cukup menggugah selera makan, karena rasa kuah santannya yang dipadu dengan bumbu lengkap. Ditambah dengan serundeng berbahan parutan kelapa yang berasa sedikit pedas.

Bahan dasar kuah adalah daun serih, daun bawang, cabe rawit, ketumbar, kemiri serta beberapa rempah-rempah lainnya. Bahan-bahan tersebut di campurkan jadi satu di sebuah panci yang berisi air mendidih bersama kecambah dan mie. Selanjutnya adalah menambahkan santan yang di panaskan sekitar 10 menit, untuk selanjutnya di tambahkan usus ayam yang sudah di goreng sebelumnya.

Untuk penyajiannya, makanan khas Lamongan ini di campur lontong dan serundeng yang di taburkan di atasnya. Sementara, usus ayam dalam penyajiannya dipisahkan dengan kuah lodeh, agar rasanya tidak bercampur dengan rasa kuah lodeh.

“Oseng-oseng usus ayam yang dimasak dengan menggunakan kompor tradisional, memiliki rasa gurih dan aroma yang sedap”, ujar Muhajir, salah seorang penikmat lontong lodeh ini.

Penjualan lontong lodeh usus ayam cukup tinggi. Setiap harinya, Sundarwiyah mampu menjual hingga mencapai 250 porsi.

Para pembeli bahkan ada yang berasal dari luar kota yang sengaja berkunjung ke warung makan di kawasan kota Lamongan ini. Mereka sengaja jauh-jauh datang untuk menikmati lodeh dengan oseng-oseng usus ayam yang khas.

0 comments:

Post a Comment