OUKUP, SAUNA TRADISIONAL ALA SUKU KARO



Mandi uap atau sauna di rumah kecantikan sudah menjadi hal biasa. Di Medan, Sumatera Utara, ada Sauna tradisional ala suku Karo, bernama Oukup yang di percaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Oukup atau mandi uap dengan ramuan rempah-rempah, telah di kenal masyarakat suku Karo sejak ratusan tahun silam, sebagai salah satu terapi untuk pengobatan berbagai macam penyakit, seperti penyakit gula darah, rheumatik, asam urat, alergi dan sesak nafas.

Di kota Medan, Oukup tersebar di sejumlah lokasi, salah satunya Oukup Ibunda di Jalan Sembada, Padang Bulan. Hampir setiap sore selepas jam kerja, Oukup Ibunda di penuhi para karyawan yang ingin mandi Oukup.

Sepintas Oukup sama dengan mandi Sauna di rumah-rumah kecantikan. Yang membedakannya, hanya ramuan khas suku Karo yang digunakan untuk menghasilkan aroma yang menyegarkan serta khasiat penyembuhan yang tidak di ragukan lagi.

Sedikitnya, terdapat 22 jenis ramuan rempah-rempah, seperti daun sirih, pandan wangi, lengkuas, daun kemangi, daun jeruk, racikan pinang, temulawak hingga daun beringin. Khusus daun beringin, warga suku Karo meyakininya mampu menghilangkan rasa pegal.

Seluruh rempah-rempah, kemudian di rebus disebuah wadah yang di hubungkan dengan pipa ke ruang Oukup. Uap dari rempah-rempah ini yang memanaskan suhu ruangan, sehingga setiap orang yang melakukan Oukup mengeluarkan keringat yang sangat banyak.

Bagi yang telah terbiasa, Oukup dapat dilakukan hingga 15 menit, namun bagi yang baru disarankan tidak melebihi 10 menit saja. Agar lebih berkhasiat, disarankan untuk pijat, sehingga otot-otot tubuh yang kaku bisa lentur sebelum mandi Oukup.

Menurut pengelola Oukup, ramuan yang digunakan merupakan resep leluhur yang telah dimiliki warga Karo sejak nenek moyang mereka. Saat ini Oukup masih menjadi primadona bagi masyarakat Karo dan warga medan, sebagai sarana terapi berbagai penyakit.

Jika anda kebetulan berada di kota medan, tidak ada salahnya mencoba mandi Oukup, dengan tarif yang sangat murah yakni 25 Ribu Rupiah hingga Lima Puluh Ribu Rupiah, termasuk pijat dan mandi air panas.

1 comment:

  1. trimakasih gan buat infonya,,
    sangat menarik,,
    saya suka dengan artikelnya,,

    ReplyDelete