SATE GURAMI YANG GURIH, PENGGODA SELERA



Salah satu makanan khas dari Madura yang cukup dikenal, adalah kuliner sate. Namun seiring perkembangan, para pengusaha rumah makan di Madura, makin kreatif menciptakan menu baru berbumbu sate Madura. Salah satu adalah menu sate gurami yang gurih.

Seperti namanya, sate gurami tentu berbahan utama ikan gurami, yang dibersihkan terlebih dahulu, terutama pada bagian sisik luarnya. Setelah cukup bersih, daging gurami segar ini kemudian di iris kecil–kecil seperti hal nya mengiris daging untuk sate pada umumnya. Selanjut nya, daging gurami ini dicampur dengan bumbu rempah-rempah terlebih dahulu, sebelum dipanggang. Rahasia kelezatan sate gurami, memang terletak pada adonan bumbu yang dicampurkan dengan daging sate, saat hendak dipanggang.

Setiap satu ekor ikan gurami besar, rata-rata bisa menghasilkan lima belas tusuk sate gurami, dengan jumlah irisan daging mencapai 10 potong.

Memanggang daging sate gurami, agak berbeda dengan memanggang sate daging kambing atau sapi, karena hanya membutuhkan waktu relatif singkat, yakni cukup dipanggang sebentar saja dan tidak boleh gosong. Pasalnya, daging gurami sangat empuk dan lentur.

Sebagai mana bumbu sate yang lain, sate gurami juga memakai bumbu kacang serta kecap. Sate gurami ini pun siap disajikan. Baik dengan memakai nasi maupun lontong, sate gurami sama cocok nya disantap.

Rasa gurih dan kelezatan sate gurami, sebanding dengan harganya, yakni Dua Puluh Ribu Rupiah, per satu porsi yang terdiri atas sepuluh tusuk sate gurami.

Jika ada berkesempatan datang ke Madura, alangkah baik nya sejenak melepas lelah, sambil menikmati sate gurami, di Rumah Makan Tera’ Bulan, di Jalan Raya kecamatan Burneh, tidak jauh dari pintu masuk jalan akses menuju jembatan Suramadu.

0 comments:

Post a Comment