WISATA EDUKASI, MELIHAT DARI DEKAT PENGOLAHAN COKLAT



Mengisi waktu libur sambil melihat langsung tanaman dan proses pembuatan coklat, tentu sangat menyenangkan. Apalagi coklat adalah salah satu makanan favorit terutama bagi anak-anak.

Suasana lokasi yang hijau dan asri di Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia Di Kebun Renteng Jenggawah Jember, membuat suasana nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini. Selain sebagai tempat berlibur bersama keluarga, kita bisa belajar langsung tentang tanaman coklat, proses pembuatan coklat hingga bisnis coklat itu sendiri.

Dengan di pandu petugas dari Puslit Kopi dan Kakao, kita akan dikenalkan mengenai tanaman coklat, proses pembenihan, penanaman hingga buah coklat. Selanjutnya anak-anak ini dikenalkan dengan proses pemisahan kulit dan biji coklat atau yang disebut penyangraian, fermentasi hingga penghalusan biji coklat.

Bubuk coklat yang sudah dihaluskan kemudian diadon dengan susu dan gula dengan menggunakan mesin pencampur. Sebelum pencetakan, adonan coklat ditempering terlebih dahulu, yaitu dimasukkan alat dengan suhu antara 33 hingga 48 derajat lalu di dinginkan kembali hingga suhu 26 derajat celcius. Barulah coklat dikemas dan siap dijual ke pasar dalam berbagai jenis makanan berbahan coklat.

Lokasi yang didirikan oleh Pemerintah kolonial Belanda pada tanggal 1 Januari 1911 tersebut, memang sengaja dibuka untuk kunjungan bagi masyarakat umum, sebagai sarana promosi produk, juga untuk memberikan pemahaman tentang tanaman kopi dan coklat.

Banyak sekali informasi yang bisa di dapat disini. Mulai dari mengetahui jenis-jenis kopi dan kakao, melihat proses pembuatan berbagai mesin dan peralatan, proses pengolahan biji, proses dan cara kerja biogas, serta berkeliling masuk ke pengolahan kopi dan kakao hingga menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, seperti cokelat batangan, minuman kemasan, bubuk kopi dan sebagainya.

0 comments:

Post a Comment