ANEKA MOTIF BATU SIKAT UNTUK DEKORASI LANTAI



Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam. Salah satunya adalah, aneka warna dan bentuk batu pantai yang bisa digunakan untuk lantai halaman rumah, Di Bali dan di berbagai wilayah di Indonesia, batu-batu pantai beraneka ragam warna tersebut, dimanfaatkan sebagai kerajinan lantai, guna memperindah desain taman rumah.

Batu-batu pantai atau dikenal dengan batu sikat bila dirangkai dalam satu ukuran, akan tampak indah. Lantai dengan hiasan batu-batu alam yang diambil dari pantai tersebut, biasanya dibuat dan digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Seni merangkai batu ini di kenal dengan istilah Koral sikat, yakni seni penataan batu-batu sedemikian rupa, hingga terbentuk rangkaian yang indah.

Batu-batu alam ini adalah batu pantai dari berbagai daerah di Indonesia. Warnanya beraneka ragam. Batu khas dari Bali biasanya berwarna hitam. Sementara warna-warna lain seperti putih, hijau atau kuning maupun warna lain biasanya didatangkan dari pulau seberang seperti Kalimantan maupun Sulawesi.

Layaknya membuat sebuah lantai beton, pengrajin terlebih dulu membuat cetakan beton yang dihaluskan. Cetakan beton tersebut bisa dibuat dalam berbagai ukuran, baik yang kecil maupun besar. Setelah cetakan terbentuk, kemudian di taburi bubuk semen diatasnya. Barulah batu-batu alam tersebut dirangkai diatas beton yang masih basah.

Dalam sehari, pengrajin bisa memproduksi 24 buah batu lantai ukuran 30 centimeter kali 30 centimeter. Sementara yang ukuran jumbo, cukup lama apalagi jika motifnya rumit.

0 comments:

Post a Comment