BUDIDAYA LANDAK MINI AFRIKA, ANTARA HOBI DAN BISNIS



Bagi anda pecinta hewan peliharaan unik, mungkin hewan satu ini cocok untuk menambah koleksi. Namanya Landak mini Afrika. Seperti halnya Hamster, Landak mini tersebut juga lucu dan cukup jinak.

Adalah Iriyanto (53), warga Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Kota, Tuban Jawa Timur, yang sukses memelihara hewan Landak mini Afrika, sebagai hobby dan sekaligus bisnis.

Landak mini ini bukanlah famili dari Landak yang biasa kita kenal. Dalam bahasa latinnya, Landak mini ini biasa di sebut Hedgehog dan berasal dari benua Afrika dan secara umum dikenal sebagi mamalia kecil dengan lapisan duri runcing menutupi punggungnya.

Saat ini Landak mini Afrika mulai di minati masyarakat, sebagai hewan peliharaan rumah. Sedangkan upaya penangkaran hewan lucu ini, masih jarang di jumpai di tanah air.

Menurut Iriyanto, budidaya Landak mini tidaklah sulit. Untuk kandangnya, cukup bekas aquarium yang di isi serbuk kayu. Serbuk kayu tersebut, harus di ganti setiap dua minggu sekali. Sementara untuk makan, cukup diberi ulat daun di campur dengan makanan kucing kemasan dan minum air bersih yang di tempatkan botol gantung.

Satu setengah tahun lalu, Iriyanto yang juga seorang Pegawai Negeri Sipil di Pemkab Tuban tersebut, hanya memiliki dua pasang Landak mini yang di belinya seharga Dua Juta Rupiah. Selama setahun, Landak kecil tersebut bisa beranak tiga kali dengan jumlah empat ekor hingga tujuh ekor bayi.

Kini Landak mini milik Iriyanto jumlahnya mencapai Lima Puluh ekor lebih. Bahkan hasil anakan Landak mini miliknya, sudah banyak di beli orang. Para pembeli tak hanya datang dari kota Tuban saja, melainkan luar kota seperti Bojonegoro dan Lamongan.

Sepasang Landak mini dewasa, di jual dengan harga antara Delapan Ratus Ribu hingga Lima Juta Rupiah, tergantung pada jenisnya. “Ini baru berjalan satu setengah tahun, bisa di bayangkan selanjutnya, ujar Iriyanto.

Walau berduri, hewan berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa ini tidak berbahaya. Duri yang menghiasi punggungnya tumbuh sangat rapat dan bertekstur lunak, sehingga tidak akan melukai tangan.

0 comments:

Post a Comment