MENGKONVERSI SISTEM FAT32 KE NTFS TANPA KEHILANGAN DATA



Kita tahu, bahwa sistem FAT32 dalam fotmat media penyimpanan seperti Flash Disk dan Hard Disk, tidak mendukung penanganan file besar (lebih dari 4GB). Di samping itu, sistem keamanan NTFS jauh lebih bagus di banding FAT32 karena NTFS memungkinkan kita mengatur perizinan dari masing-masing file maupun direktori yang ada.

Nah! Jika Anda ingin merubah sistem flash disk atau hard disk eksternal Anda lainnya dari FAT32 ke NTFS tanpa harus kehilangan data? Artikel berikut ini akan menjelaskan cara mencapai transisi mulus tersebut tanpa resiko kehilangan data.

Microsoft menyadari akan resiko kehilangan data, jika kita melakukan transisi FAT32 ke NTFS. Karena itu Microsoft kemudian menambah kemampuan Command Prompt untuk mengatasi hal ini, hanya dengan menjalankan perintah sederhana. Meski ada juga beberapa perangkat lunak yang mendukung upaya ini, tapi perintah Convert melalui command prompt jauh lebih mudah. Namun, metode ini hanya bisa bekerja pada Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan Windows Vista.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1) Backup data Anda, karena khawatir ada error di luar dugaan.

2) Perhatikan nama drive serta sistem file yang ingin dikonversi.

3) Klik tombol Start.

4) Ketik CMD pada kotak pencarian jika Anda menggunakan Windows 7, Windows 8 atau Windows Vista. Jika Anda menggunakan Windows XP, klik Run dan kemudian jalankan cmd.

5) Ketik "chkdsk H:/F" (tanpa tanda kutip) di mana H adalah huruf dari drive. Langkah ini bertujuan memeriksa kondisi drive dan memperbaikinya secara otomatis.

6) Ketik "Convert H:/FS: NTFS" (tanpa tanda kutip). H adalah lagi-lagi huruf dari drive yang akan dikonversi.

Selanjutnya, Prompt akan memulai proses konversi dan setelah beberapa menit, CMD akan akan memberitahu kita, jika konversi berhasil. Untuk memastikannya, Anda dapat memeriksa pada properti dari drive melalui Properties,lalu klik kanan.

Perlu dicatat, bahwa metode ini tidak dapat digunakan untuk mengubah kembali sistem file NTFS ke FAT32. Untuk mengubah kembali ke FAT32, Anda harus memformat seluruh drive dengan resiko kehilangan data.

0 comments:

Post a Comment