SENSASI RASA GURIH "IWAK MANUK"



Anda penasaran dengan sensasi rasa kelezatan aneka daging burung? Nah di Jalan Kusuma Wardani Randugarut KM 12, kota Semarang Jawa Tengah, sebuah rumah makan khusus menghidangkan aneka menu daging burung unggas.

Ada burung belibis, kuntul, dara, puyuh, dan yang banyak diminati adalah burung blekok. Burung blekok dan kuntul adalah burung pemakan ikan di rawa dan laut. Bentuknya tinggi berleher panjang dan berwarna putih. Burung ini banyak terdapat di pesisir pantai utara Jawa.

Daging burung atau dalam bahasa Jawa disebut “iwak manuk” tersebut, ternyata punya rasa khas dibanding unggas yang biasanya kita masak seperti ayam dan bebek.

Tekstur daging blekok, kuntul atau belibis beda dengan ayam atau unggas lainnya. Kalau digoreng lebih kering, dan ada aroma dan rasa gurih ikan.

Aneka iwak manuk tersebut, dimasak dengan memperbanyak bumbu rempah untuk menghilangkan bau amisnya, sekaligus membuat daging menjadi lebih empuk. Untuk mengolah daging Iwak Manuk bumbunya sebenarnya hampir sama dengan daging ayam. Hanya saja, komposisinya harus pas, agar rasa gurih dagingnya tetap terasa.

Menurut penjualnya, stok iwak manuk jenis belibis dan blekok, selalu habis setiap hari, karena menjadi salah saltu favorit yang banyak di pesan pelanggan.

Harga per ekor iwak manuk jenis blekok atau kuntul 20 Ribu Rupiah per ekor. Untuk belibis besar 60 Ribu Rupiah per ekor. Sedangkan Anda yang ingin menu lainnya tersedia burung dara, burung puyuh, bebek serta ayam dengan harga yang terjangkau.

0 comments:

Post a Comment