SETRUP REMPAH-REMPAH COCOK UNTUK SEGALA CUACA



Berbeda dengan minuman buah pada umumnya, setrup merupakan perpaduan citarasa berbagai jenis buah dan rempah-rempah. Rasanya yang manis dan menyegarkan, sangat cocok di nikmati, terutama saat berkumpul bersama keluarga.

Minuman yang lumrah disebut setrupan ini, lazim disajikan di Gresik Jawa Timur. Minuman ini dibuat dari berbagai jenis buah-buahan, seperti salak, nanas, pepaya, kolang-kaling dan aneka buah lainnya. Proses pembuatan setrup buah ini relatif sederhana. Buah-buahan dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya dipotong kecil-kecil.

Sementara untuk menambah kesegarannya, dipadukan dengan rempah-rempah, seperti cengkeh, kayu manis dan pandan arum. Agar terasa lebih manis, saat direbus ditambahkan dengan gula serta asam secukupnya. Karena campurannya yang beraneka ragam, setupan buah ini, bisa disajikan baik pada saat cuaca panas maupun dingin tergantung selera.

Karena rasanya yang menyegarkan, minuman ini sangat digemari oleh semua kalangan, termasuk anak-anak sekalipun. Soal, khasiat bagi tubuh, tentu tak di ragukan lagi.

Nah! bagi anda penggemar kuliner nusantara, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat strupan ini dirumah.

0 comments:

Post a Comment