ABON DURI BANDENG, KAYA KALSIUM CEGAH TULANG KEROPOS



Duri ikan bandeng selama ini sering dianggap sebagai barang yang tidak bermanfaat, terutama karena mengganggu kenikmatan daging ikan bandeng yang lezat. Padahal, duri ikan bandeng seperti yang di lakukan seorang pengusaha ikan bandeng di Gresik Jawa Timur, bisa diolah menjadi makanan sejenis abon. Disamping rasanya yang gurih, duri ikan bandeng kaya kalsium sehingga bisa mencegah tulang keropos (osteoporosis.)

Adalah Abdul Hakim, seorang pengusaha ikan bandeng di Desa Leran Kecamatan Manyar, Gresik yang berhasil memproduksi abon berbahan baku utama duri ikan bandeng. Selain untuk camilan, abon duri bandeng sangat cocok dikomsumsi karena mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan tulang.

Tak heran, jika abon duri bandeng produksi Abdul Hakim sangat di suka warga dan mulai merambah pasar di sejumlah kota di di jawa timur.

Cara pembuatannya cukup sederhana. Duri-duri ikan bandeng yang sudah tercabut dari tubuh ikan yang masih utuh dikukus dalam sebuah panci selama beberapa menit untuk melunakkan durinya. Duri-duri yang telah dikukus selanjutnya dihaluskan dengan blender.

Duri-duri yang sudah dihaluskan, dicampur dengan bumbu perasa yang terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti cabe merah, bawang putih, merica dan lain sebagainya.

Proses selanjutnya adalah menghaluskan duri bandeng dengan belender untuk selanjutnya di sangrai hingga jadilah abon duri ikan bandeng siap saji.

Ide Abdul Hakim dalam membuat abon duri bandeng, berawal dari banyaknya duri bandeng yang terbuang saat proses pembuatan menu bandeng tanpa duri, yang menjadi salah satu usahanya. Ternyata abon duri bandeng ini banyak yang menyukai. “Tak menyangka, ternyata abon duri banding ini laku keras, hingga kualahan memenuhi pesanan”, ujarnya.

Untuk setiap bungkus abon dengan ukuran 100 gram dijual dengan harga 9 Ribu Rupiah. Harga yang sangat terjangkau dan bisa di bilang sangat murah di banding manfaatnya dalam mencegah osteoporosis. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang kaum wanita.

Menurut ahli gzi dari Rumah Sakit Semen Gresik, dr Meta Ayu, abon tulang badeng mengandung 753 Miligram Kalsium, 345 Miligram fosfor, 9 Miligram protein serta lemak 0,1 Miligram. Dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi, abon duri banding mampu melakukan pembentukan tulang.

Dari sisi rasa, abon duri banding terasa sangat gurih, tak kalah dengan daging bandengnya. Bahkan, bau amis ikan bandeng, sama sekali hilang dalam abon duri ini.

Saat ini, Abdul Hakim terus kebanjiran pesanan dari berbagai kota di jawa timur. Namun sayang, Abdul Hakim belum memiliki alat penghalus duri berkapasitas besar, sehingga pesanan konsumen tidak bisa di penuhi tepat waktu.

0 comments:

Post a Comment