BUDIDAYA NILA GESIT DENGAN REKAYASA GENETIKA



Ikan nila adalah salah satu jenis ikan tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain berprotein tinggi juga harganya relatif murah dibandingkan harga ikan tawar lainnya. Di Balai Besar Budaya Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi Jawa Barat, dalam beberapa tahun ini mengembangkan jenis ikan nila gesit yang bobot beratnya mencapai 10 kali lipat ukuran ikan gurami biasa atau seberat hinga 5 - 7 kg per ekornya.

'Gesit' adalah singkatan dari, Genetically Supermale Indonesian Tilapia, yang dikembangkan di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar di Jl. Selabintana, Sukabumi adalah jenis ikan Nila jantan karena lebih menguntungkan secara ekonomis. Sebab pertumbuhannya bisa mencapai1,5 lebih cepat dari pada nila betina. Untuk pertumbuhan seberat 600 Gram misalntya, hanya memerlukan waktu 5 bulan saja.

Ikan nila gesit ini sebenarnya merupakan perbaikan genetik dengan cara mengawinkan ikan nila jantan gesit dengan kromosom YY di kawinkan pada ikan nila betina kromosom XX. Dari perkawinan itu akan menghasilkan keturunan ikan nila berkelamin jantan XY, Genetically Male Tilapia. Secara scientifik ikan nila gesit berkromosom YY memiliki keunggulan yakni 96% sd 100% turunannya adalah jantan.

Ikan Nila Gesit selain mempunyai kelebihan dengan tingkat pertumbuhan cepat, juga mampu memproduksi ikan nila gesit hingga berbobot 5 hingga 7 Kg perekornya. Sebagai upaya membantu para pembudidaya ikan air tawar, benih Nila Gesit ini pun disebar ke berbagai pelosok negeri.

Soal kendala budidaya nila gesit ini adalah lamanya proses produksi sehingga menyebabkan jumlah benih yang dihasilkan dalam pembenihan ikan nila Gesit sangat terbatas. letak geografis balai yang berada di daerah basah menyebabkan sering terjadi serangan parasit maupun jamur pada benih dan induk ikan serta penggunaan peralatan pembenihan yang sama untuk semua kolam mengakibatkan penyebaran parasit serta jamur dalam waktu yang relatif singkat sehingga terjadi kematian pada benih ikan nila Gesit.

1 comment:

  1. Bagi para pembenih ikan di Jawa Tengah dan sekitarnya yang membutuhkan produk-produk untuk pembenihan ikan seperti Ovaprim, Artemia, Spirulina dan Probiotik bisa menghubungi saya di No HP. 0812 2841 280.
    Yanto di Pemalang, Jawa Tengah.
    Tersedia juga pakan-pakan untuk pembenihan udang al : Spirulina, Artemia, BP TOP, Flake TOP, Japonicus, Seagrass Powder, Top Minigrain, Vitamin C, EDTA dll.
    Terima kasih

    ReplyDelete