GERABAH UNIK DENGAN MOTIF LIMBAH CANGKANG TELUR



Tahukah Anda, jika cangkang telur ternyata bisa di manfaatkan menjadi motif utama gerabah sehingga bias tampil unik? Seperti yang di lakukan Anto warga Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah yang berhasil memanfaatkan cangkang telur sebagai bahan penghias gerabah.

Ya..! barang-barang gerabah indah nan antik karya Anto, merupakan perbaduan antara tanah liat dengan cangkang telur. Cangkang telur, baik telur ayam, bebek, puyuh yang biasanya menjadi limbah rumah tangga di sulap menjadi barang yang antik sekaligus memiliki nilai jual tinggi.

Sebelum dibuat, cangkang telur terlebih di bersihkan, lalu kupas selaput yang menepel pada telur. Selanjutnya tempelkan cangkang telur menggunakan lem pada dinding gerabah dengan menyesuaikan pola yang ada. Proses menempelkan serpihan cangkang telur ini, bukan pekerjaan yang mudah, karena perlu ketelatenan dan kesabaran. Karena jika ada satu cangkang yang terkelupas, semua cangkang yang telah tertempel akan ikut terkelupas pula.

Jika cangkang telur telah tertempel rapi sesuai pola, maka di lakukan penghalusan dengan menggunakan amplas, pada bagian cangkang. Fungsi penghalusan ini untuk memberikan kesan, cangkang menyatu dengan dinding gerabah. Terakhir untuk mempercantik, dilakukan pewarnaan dan vernis.

Dalam sehari, Anto mampu menghabiskan antara 5 sampai sepuluh kilo gram cangkang telur untuk di tempel pada gerabah. Cangkang-cangkang telur tersebut, di dapat Anto dari pasokan warga sekitar.

Harga jual gerabahnya bervariasi antara 15 sampai dengan 500 ribu rupiah, tergantung besar kecil ukuran dan motifnya dengan pasar yang terus berkembang hingga mampu masuk ke Jogja, Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya di Indonesia. Dari usahanya ini Anto mampu memeperoleh omset jutaan rupiah perbulan.

0 comments:

Post a Comment