MENGATASI BLACKBERRY YANG SERING KELUAR DARI GROUPS CHAT



Layanan group chat Blackberry merupakan salah satu layanan Blackberry yang banyak di gemari karena mempermudah dan memperlancar komunikasi interpersonal. Namun, tak sedikit pula pengguna yang mengeluh karena sering keluar sendiri dari keanggotaan groups chat tanpa harus di banned oleh Admin group. Atau meski akun terlihat di group, tapi terdapat tulisan “unreachable”.

Kondisi ini biasa di sebut sebagai crash memory yang muncul sebagai dampak dari proses lemahnya memory akibat padatnya arus lalu lintas data sehingga sistem menjadi tidak stabil.

Akibat kondisi ini, akan terjadi dua kemungkinan. Yakni, Handphone Blackberry kita akan berusaha mengurangi kepadatan lalu lintas data dengan keluar dari groups secara acak, tidak harus group yang memiliki lalu lintas tinggi. Kemungkinan lain adalah Blackberry akan hang, jika low memory cukup parah. Jika kondisi seperti ini di biarkan berlangsung terus menerus, bisa berakibat kerusakan serius pada hardware.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi persoalan ini :

1. Kurangi jumlah group yang ada. Usahakan, hanya menyisakan group-group yang penting saja.

2. Jaga kapasitas Memory dengan menjaga jumlah aplikasi yang di install serta jumlah file yang disimpan. Segera hapus aplikasi kurang penting yang terlanjur di install.

3. Lakukan cleanig memory secara rutin dengan masuk ke Security Options, kemudian klik Memory Cleaning dan ubah statusnya menjadi Enabled. Memori yang selalu dibersihkan juga akan mampu mendongkrak kinerja HP Blackberry.

4. Lakukan Event Log Cleaning. Pada Homescreen, Tekan tombol ALT (tahan), Tekan huruf L-G-L-G (secara berurutan), lalu Tekan menu, Pilih clear log, Delete.

5. Karena memory yang terbatas, hapus secara berkala setiap pesan yang masuk dan di rasa kurang penting, melalui menu clear chat pada groups chat. Kemudian, pada bagian Groups Updates, tekan menu Blackberry lalu pilih Delete Prior. Pilih pula menu Delete untuk menghapus pesan yang tersisa.

Jika Anda sering lupa menghapus chat, setting masa penyimpanan group chat pada 1 day dengan cara masuk ke kotak chat, lalu tekan tombol menu. Pilih Chat Options, lalu ganti Keep messages for : 1 Days.

6. Lakukan Cache Cleaning: Masuk ke browser, Tekan menu, Pilih Options, Pilih Cache Operations, Tekan tombol clear.

7. Masuk ke group. Tekan tombol menu, pilih View Group details. Ganti save Chat History menjadi NEVER. Pada Save Pictures, ganti menjadi Media Card. Langkah ini di lakukan untuk mengurangi beban data pada jaringan Blackberry.

8. Hapus photo yang kurang penting di memori card

9. yang tak kalah pentingnya adalah selalu meng-update software BBM ke versi terbaru.

1 comment: