MENGENAL PENINGGALAN BUDAYA HINDU KUNO DI CANDI SUKUH



Ada banyak cara mengisi liburan. Salah satunya dengan berwisata di kecamatan ngargoyoso, Candi Sukuh, Karanganyar Jawa Tengah. Di tempat itu anda bisa belajar tentang peninggalan budaya Hindu kuno, sekalian bersantai bersama keluarga.

Candi Sukuh berada sekitar Empat Puluh Kilometer dari kota Solo. Candi Sukuh menjadi salah satu tujuan favorit, untuk menghabiskan liburan baik liburan akhir tahun maupun liburan mingguan.

Candi Sukuh, dibangun sekitar abad ke lima belas. Candi ini merupakan candi Hindu, yang bentuknya mirip dengan peninggalan budaya suku Maya dan Inca, di Amerika Selatan. Candi Sukuh ini dikenal dengan candi porno, karena banyaknya patung dan relief yang menggambarkan sensualitas. Candi Sukuh dibangun dengan cepat jelang runtuhnya Kerajaan Majapahit. Namun terlepas dari itu semua, candi Sukuh sangat istimewa, karena berbeda dengan kebanyakan candi Hindu di Indonesia.

Wisatawan yang datang pun, berasal dari kota-kota seperti jakarta, bandung, medan, serta surabaya. Pada libur akhir tahun ini, mereka sengaja mendatangi Sukuh. Selain untuk berwisata, mereka juga ingin belajar tentang sejarah budaya Hindu kuno. Selain wisatawan domestik, banyak juga wisatawan mancanegara yang datang.

Untuk dapat masuk ke lokasi candi, Anda hanya harus membayar sebesar Dua Ribu Lima Ratus Rupiah. Namun khusus bagi wisatawan mancanegara, harga tiket adalah Sepuluh Ribu Rupiah, per orang. Tentu harga yang sangat murah, untuk menikmati wisata sekaligus belajar sejarah budaya. Dan bagi anda yang ingin menghabiskan libur akhir tahun, tak ada salahnya mencoba mampir ke candi Sukuh.

0 comments:

Post a Comment