AYAM BAKAR TOLAK PINGGANG KHAS GOWA YANG PENUH SENSASI



Jangan pernah mengaku sebagai penggemar kuliner berbahan daging ayam sebelum merasakan sensasi kelezatan ayam bakar tolak pinggang khas kabupaten gowa sulawesi selatan. Ayam bakar tolak pinggang ini jauh berbeda dengan ayam bakar yang biasa kita dijumpai.

Salah satu warung makan ayam tolak pinggang bisa kita temui di Jalan Sultan Hasanuddin kota Gowa. Nama rumah makan ini adalah warung ayam bakar tolak pinggang khas Bontonompo.

Ayam bakar tolak pinggang merupakan makanan khas warga kabupaten Gowa. Warga memberi nama ayam bakar tolak pinggang, karena saat akan dibakar, ayam tersebut di buat seperti bertolak pinggang.

Ayam yang di gunakan pun adalah ayam muda berkualitas, yakni ayam kampung yang masih berumur dua hingga tiga bulan, agar saat dimakan dagingnya tidak keras dan yang lebih penting, mudah di bentuk seperti gaya orang bertolak pinggang. Selain itu, bumbu yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Cukup diberikan merica, bawang merah dan bawang putih saja, agar rasa asli daging ayam akan terasa kuat di lidah.

Bumbu yang telah disiapkan lebih awal, ditumbuk terlebih dahulu dengan lesung batu. Setelah itu, bumbu yang sudah ditumbuk halus, diberikan minyak goreng dan garam secukupnya, untuk di tambahkan ke daging ayam yang dipanggang diatas bara api.

Ayam bakar tolak pinggang disajikan dengan sambel kecap yang ditempatkan terpisah. Untuk yang hobi pedas atau yang merasa kurang pedas, lombok biji utuh juga disediakan. Sebagai pelengkap hidangan, tempat makan itu juga menawarkan tiga alternatif sayur. Ada cah kangkung, sayur asem dan sayur pare.

resep khas yang turun temurun digunakan pemilik warung ayam bakar ini, membuat usahanya banyak yang diminati. Usahanya yang dirintis sejak tahun 2007 lalu, mendatangkan pelanggan yang cukup banyak. “Lumayan bisa bisa mendapatkan banyak pelanggan setiap harinya”, ujar pemilik warung.

Tiap harinya warung ayam tolak pinggang dapat menjual hingga lima puluh ekor. Untuk setiap porsinya seharga 30 Ribu, hingga 40 Ribu Rupiah, tergantung pasangan lauk yang dipilih.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...