BUDIDAYA LEBAH MADU JANJIKAN KEUNTUNGAN TINGGI



Lebah merupakan binatang menyengat yang terkadang menakutkan. Namun lebah juga bisa memberikan keuntungan finansial sekaligus memberikan manfaat kesehatan bagi manusia. Di kecamatan Brondong Lamongan - Jawa Timur, Wijianto, seorang peternak lebah tak hanya mendapatkan hasil berupa madu, melainkan juga bisa menghasilkan royal jely, tepung sari, bee propolis dan lilin lebah yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Di peternakan lebah yang di rintasnya sejak tahun 1978, Widjianto rupanya memilih beternak lebah unggulan jenis Apis mellifera. Jenis ini lebih produktif dibandingkan lebah lokal, juga lebih jinak. Racun pada sengatnya sangat cocok untuk pengobatan berbagai penyakit.

Widjianto memiliki 200 kotak kandang lebah disamping rumahnya. dari 200 kotak tersebut, widjianto mampu mendapatkan sekitar 1.200 liter madu setiap bulannya dengan masa produktif lebah 5 bulan dalam setahun. Bahkan, Wijianto mampu menghasilkan keutungan puluhan juta rupiah per bulan.

Menurut Wijianto, agar lebah bisa berkembangbiak dengan bagus, tempatkan lebah madu pada lokasi yang tersedia pakan cukup banyak. Biasanya di perkebunan yang memiliki banyak bunga seperti kebun mangga, duwet dan lain sebagainya. Dengan tersedianya pakan yang cukup maka ratu lebah akan lebih banyak menghasilkan telor dan lebah pekerja juga lebih giat membuat sarang baru.

Selain menghasilkan madu, lebah ini juga bisa menghasilkan royal jely, tepung madu, bee propolis dan lilin lebah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memiliki harga jual cukup tinggi.

Royal jely misalnya, harganya bisa mencapai 700 Ribu hingga 800 Ribu Rupiah perkilonya. sedangkan madu murni dijual seharga 27 Ribu hingga 80 Ribu Rupiah perliter, tergantung kwalitas hasil produksi dari lebah tersebut.

Sumber : liputan86

1 comment:

  1. Bisa muntak almat lengkapnya pak wijianto mulai dari dusun nya desa nya kec dll

    ReplyDelete