NASI TEMPONG, KULINER RAKYAT YANG PEDAS



Selain rujak soto yang sudah banyak dikenal warga, Banyuwangi Jawa Timur juga memiliki satu lagi masakan rakyat yang cukup khas. Namanya nasi tempong. Kuliner ini termasuk yang paling diminati warga. Bahkan, setiap warung yang menjual kuliner ini, selalu ramai di serbu pecinta nasi tempong.

Penjual nasi tempong bisa kita temui di sudut-sudut kota Banyuwangi. Seperti yang terlihat di warung nasi tempong di kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, yang setiap harinya selalu ramai di serbu pecinta nasi tempong yang terkenal pedas. Kepedasan sambal yang menjadi ciri khas kuliner rakyat ini, bisa dipesan sesuai dengan selera. Mau yang sedang atau super pedas, semuanya bisa di pesan.


Cukup dengan uang Lima Ribu sampai 15 Ribu Rupiah tergantung jenis lauk pauknya, pecinta nasi tempong sudah bisa merasakan satu porsi kuliner tersebut. Satu porsi nasi tempong terdiri dari, nasi putih, sayur bayam, ikan asin, ikan teri, tahu, dadar jagung dan sambal. Bahkan diwarung nasi, juga di sediakan bermacam lauk pauk. Seperti ikan laut goreng, pepes ikan laut, telor dan ayam goreng.

Tamparan pedasnya sambal dan murahnya harga nasi tempong di warung ini, menyebabkan warung ini ramai pengunjung mulai pagi sampai malam. Kebanyakan pembeli yang datang ke warung nasi tempong merupakan pelangganan tetap warung yang sudah berdiri sejak 4 tahun lalu.

Dalam bahasa Banyuwangi, tempong berarti tamparan, sehingga karena pedasnya sambal yang di santap, membuat penikmatnya serasa habis di tampar pipinya. Bahkan, mencicipi sambalnya terasa menyengat di lidah hingga mampu membuat panas telinga.

Jika anda penasaran dengan tamparan lezat nasi tempong khas Banyuwangi, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk merasakan sensasi kelezatan tamparan nasi tempong.

0 comments:

Post a Comment