WISATA ECO-GREEN DI HUTAN MANGROVE KARIMUNJAWA

Jika merasa jenuh dengan rutinitas harian, Anda bisa mencobalah berwisata di pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Dengan wisata tracking ke taman nasional Mangrove tersebut, Anda akan menyusuri sejuknya hutan Mangrove seluas 10,5 hektar, dengan jalur tracking sepanjang 2 kilometer, Anda akan disuguhi aneka macam jenis pohon Mangrove langka.

Lokasi hutan Mangrove tak jauh dari dermaga Karimunjawa, hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer. Dengan tiket masuk sangat terjangkau, yakni Sepuluh Ribu Rupiah, Anda bisa menyusuri rimbunnya hutan Mangrove milik Balai Taman Nasional Karimunajawa, sepanjang bibir pantai kecamatan Karimunjawa, jepara.

Di hutan ini bisa ditemukan 45 jenis spesies Mangrove yang termasuk dalam 25 famili. Dalam kawasan pelestarian terdapat 25 spesies Mangrove sejati dari 13 famili dan 7 Mangrove ikutan dari 7 famili. Sedang di luar kawasan hutan, masih terdapat 5 spesies Mangrove ikutan dari 5 famili berbeda. Hutan Mangrove di kawasan pulau Karimunjawa dan Kemujan didominasi jenis exoccaria agallocha sedang jenis yang penyebarannya paling luas adalah rhizopora stylosa.

Di wisata tracking hutan Mangrove juga terdapat satu jenis yang sudah langka di dunia yaitu schipiphora hydrophilaceae, waru laut atau malvaceae, Mangrove getah atau luphorbiaceae, Mangrove tingen atau rhizophoraceae, Mangrove duduk atau combretaceae dan Mangrove pedada lanang atau sonneratiaceae.

Kedepan, di wisata tracking Taman Nasional Hutan Mangrove, akan disediakan Gazebo informasi tentang Mangrove dan akan dijadikan sebagai pusat studi Mangrove dunia. Selain bisa melihat aneka ekosistem Mangrove, wisatawan juga diperbolehkan ikut menghijaukan kawasan pantai dan kawasan taman nasional hutan Mangrove Karimunjawa ini.

Menyusuri rimbunnya hutan mangrove di sepanjang bibir pantai Karimunjawa, akan mampu melepaskan penat rutinitas kerja. Bahkan bukan itu saja, Keindahan biota lautnya adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi Karimunjawa. Tak kurang dari 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan karang hidup di perairan laut tropisnya. Snorkeling menjadi kegiatan favorit. Menikmati warna-warni terumbu karang akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

0 comments:

Post a Comment