GURIHNYA KAKAP MERAH BAKAR SAMBAL MANGGA



Kakap merah merupakan jenis ikan laut yang banyak di gemari karena struktur dagingnya yang lebut serta rasanya yang gurih. Rasa gurih tersebut akan terasa semakin nikmat jika kakap merah di masak dengan cara di baker serta di santap dengan sambal terasi bercampur irisan mangga muda.

Menu ini di sajikan sebuah warung sederhana di pelabuhan kota Gresik jawa timur, milik ibu Halimah. Tak heran, jika setiap hati warung ibu Halimah selalu ramai pelanggan terutama di siang hari, karena menu ini sangat cocok di santap siang hari.

Memasak kakap merah tak jauh beda dengan memasak ikan laut lainnya. Mula-mula, ikan kakap merah yang didapat Halimah dari pasokan para nelayan di sekitar pelabuhan, di cuci bersih terlebih dahulu, kemudian di baker di atas bara api. Saat bersamaan, Halimah juga mempersiapkan bumbu terasi yang di campur tomat goreng serta cabe merah dan cabe rawit. Terakhir, sambal terasi ini di tambah dengan irisan mangga muda.

Cara penyajiannya, Ikan kakap merah yang telah matang kemudian di letakkan di atas bumbu terasi mangga pada sebuah cowek tradisional yang terbuat dari tanah liat. Hemmm, rasanya cukup enak, karena cara penyajian seperti ini cukup akrab dengan lidah pedesaan.

Harga 1 porsi ikan kakap merah bumbu sambal mangga, hanya 12 Ribu Rupiah, harga yang cukup terjangkau bagi mereka yang berkantong tipis.

0 comments:

Post a Comment