SERU DAN MENEGANGKAN, LOMBA ULAR MAKAN LAHAP



Ular, bagi kebanyakan orang merupakan hewan buas yang menjijikkan sekaligus. Namun, tidak demikian jika kita melihat kontes binatang reptil di Gresik Jawa Timur di awal Bulan Mei 2012, yang menampilkan aneka binatang reptil termasuk ular-ular cantik. Bahkan, kita bisa menyaksikan langsung lomba ular makan lahap, sehingga kita tahu secara detail, cara ular memakan mangsanya.

Ada yang beda di GOR Tri Dharma PT Petrokimia Gresik, saat ratusan aneka binatang reptil di pamerkan. Warga yang datang bersama keluarga, bisa menyaksikan binatang-binatang reptil yang selama ini di kenal memiliki sebagai binatang liar yang berbahaya, seperti ular, musang, biawak serta kadal. Tak hanya itu, pameran binatang reptil kali ini, juga menyajikan lomba yang cukup unik dan menegangkan, yakni lomba ular makan lahap.

Lomba yang pertama kali di selenggarakan di jawa timur ini, memperlombakan 50 ekor ular jenis phyton dengan kategori panjang di atas 1 meter dan di bawah 1 meter. Pemenangnya adalah ular yang mampu memakan mangsa, berupa tikus marmut, dengan cepat. Saat lomba di mulai, tikus marmut terlebih dahulu di lumpuhkan agar ular dapat memangsa dengan leluasa. Apalagi, sebagian ular-ular jinak ini, senang memangsa tikus yang sudah lumpuh.

Saat tikus marmut di suguhkan, sebagian ular langsung memangsa dengan terlebih dahulu membelitnya. Selanjutnya, secara perlahan, ular akan memasukkan ke mulutnya. Di butuhkan waktu setidaknya 15 menit bagi setiap ular, untuk mampu melahap tikus marmut secara utuh.

Namun, tidak semua ular berselera memakan mangsanya. Meski sang pemilik telah berupaya merayu ular agar mau memakan mangsanya. Kondisi ini yang cukup menghibur para penonton, sehingga di samping meneganggan, juga memberi hiburan tersendiri.

Menurut pemilik ular, sebelum di ikutkan lomba, ular-ularnya sengaja tidak di beri makan agar mampu memangsa makanan secara lahap. “Kita sengaja tidak memberi makan ular hari ini agar bisa makan lahap dan memenangkan lomba”, ujar Junaidi, pemilik ular asal Surabaya.

Kegiatan yang di gelar komunitas pecinta reptil ini, sengaja menyuguhkan lomba ular makan lahap, agar warga bisa mengenal lebih dekat, cara ular memakan mangsanya, termasuk mengkampanyekan gerakan menyayangi hewan yang selama ini di kenal menakutkan.

Di samping menyaksikan lomba ular makan lahap, warga juga bisa berfoto dengan ular-ular cantik ini. Bahkan, sebagian warga juga mengajak anak-anaknnya untuk berinteraksi dengan ular.

0 comments:

Post a Comment