SISWA SMP BUAT OBAT ANTI HAMA DARI DAUN PEPAYA



Mahalnya obat insektisida di pasaran, membuat tiga pelajar SMP 3 di Lamongan Jawa Timur, menciptakan inovasi baru, sebuah bio insektisida anti hama padi dan sayur sayuran. Obat pencegah hama tersebut berbahan dasar daun pepaya gantung yang di kenal memiliki kandungan proteolitik.

Ketiga pelajar SMP Negeri 3 Lamongan jawa timur ini, sukses menciptakan sebuah inovasi alternatif obat pencegah hama untuk para petani padi maupun sayuran. Di pilihnya daun pepaya gantung karena memiliki zat papain yang mengandung proteolitik, yaitu enzim yang dapat memecah protein.

Ketiga pelajar tersebut yakni Dimas Aji Satyadarma dan Silverter Yansen, pelajar kelas delapan, serta Hendry Rinaldi, pelajar kelas tujuh.

Obat organik pencegah hama ini diberi nama bio insektisida, befungsi untuk membunuh hama seperti ulat teritip pada padi, sawi dan bayam.

Pembuatan bio insektisida ini sangat sederhaha. Daun pepaya gantung yang telah di pilih kualitas terbaik di tumbuk, hingga lembut. Kemudian daun pepaya gantung di peras untuk di ambil sarinya yang kental.

Sebelum di gunakan sebagai obat, sari daun pepaya gantung harus di biarkan selama 1 kali 24 jamsebelum dapat di jadikan obat. Penyimpanannya tidak boleh kena sinar matahari secara langsung. Setelah didiamkan selama 24 jam, cairan sari pepaya gantung dicampur air dengan komposisi 25 mili sari pepaya gantung, dicampur dengan air sebanyak 500 mili.

Ide pembuatan obat anti hama alternatif ini muncul berawal saat ketiga siswa ini sering melihat banyaknya sayuran yang daunnya bolong-bolong karena dimakan ulat. “Awalnya melihat banyak sekali dedaunan dan sayur mayur yang kurang segar dan bolong”, ujar Dimas Aji Satyadarma, (pencipta bio insektisida)

Rencananya, bio insektisida ini akan terus di kembangkan untuk membantu petani padi atau sayuran. Hasil penelitian ketiga siswa SMP Negeri 3 Lamongan ini, berhasil menjadi juara satu lomba penelitian ilmiah remaja LPIR) se Eks Karasidenan Bojonegoro di Tuban beberapa waktu lalu.

1 comment:

  1. wah keren siswa smp udh bisa bikin obat anti hama

    ReplyDelete