SMKN GRESIK PRODUKSI LAPTOP UNTUK KEBUTUHAN MASYARAKAT



Sebuah usaha yang patut dibanggakan dilakukan oleh siswa SMK Negeri I Cerme Gresik. Siswa jurusan Tehnik Computer dan Jaringan di sekolah tersebut meluncurkan produk berbagai macam laptop, tab dan computer. Produk rakitan siswa SMK tersebut diberi merk ‘SMK A*Note’.

Setidaknya ada 192 siswa Tehnik Computer dan Jaringan yang ikut andil dalam produksi laptop tersebut. Mulai dari kelas X, XI dan XII yang masing-masing kelas sebanyak 64 siswa. Mereka rata-rata mampu merakit laptop sesuai kualifikasi pabrikan. Tentang Kualitas laptop, Tab dan PC rakitan murid SMK Negeri I Cerme ini sudah memenuhi standard yang sudah ditentukan oleh pabrikan. “kami dibantu seorang tenaga ahli dari pabrikan yang bertindak sebagai quality control” ujar Kepala SMK Negeri I Cerme, Suswanto di kantornya, Selasa (1/5).

Tentang produksi perakitan Laptop, Tab dan PC di SMK Cerme menurut Suswanto sudah dimulai sejak tahun 2010. Selama setahun terakhir, kami sudah memproduksi 18 buah laptop yang kami pasarkan kepada guru, orang tua murid dan beberapa orang kerabat. Mestinya kami sanggup memproduksi massal, tentu dengan harapan bisa diserap pasar, jelas Suswanto. “Pada upacara Hari Pendidikan Nasional besok kami akan menandai peluncuran produk kami dengan memberikan kenang-kenangan kepada Bupati Gresik. Kami berharap produk kami bisa diterima terutama untuk masyarakat Gresik” harapnya.

Diakui oleh Suswanto pihaknya terlambat memulai produksi ini yang kurang dari 2 tahun. Mestinya sejak dulu anak-anak ini sudah mampu merakit namun belum ada keberanian untuk dilempar ke pasaran. “untuk percepatan, kami memperbanyak ikut pameran, agar orang luar tahu produksi kami. Setidaknya sudah 4 kali pameran yang kami ikuti. Meski lambat tapi sudah ada masyarakat yang merespon produk kami. Meski kami memberikan pelayanan purna jual dengan melayani servis full seumur hidup, tapi sampai sejauh ini belum ada keluhan yang masuk dari User” katanya bangga.

Sementara kepala Jurusan siswa dari jurusan Tehnik Computer dan Jaringan, Abunaim mengaku bangga dan optimis produk laptop rakitan anak didiknya bakal diterima pasar. Ditinjau dari harga kwalitas dan spesifikasi, kami lebih unggul. Laptop dengan spesifikasi layar sentuh, layar putar dengan 14 inci, intel core 2 duo 2 GHz dengan harddisk 320 G serta memori 2 g dilepas dengan harga Rp. 4 juta. Harga itu bisa turun apabila memesan lebih dari 1 dan langsung datang ke kami.”kami juga memberikan garansi seumur hidup khususnya untuk masyarakat Gresik dan sekitarnya” ujar alumni Tehnik Informatika ITS.

Sementara, salah satu murid perempuan Fadillah Hannanur mengaku enjoy mengikuti perakitan Laptop. Hanna tampaknya sangat mahir dan menikmati melaksanakan perakitan laptop. Saat ditanya sudah berapa unit laptop yang berhasil dirakit ? ”lupa pak, banyak” katanya sambil melempar senyum. Hanna juga telah merakit laptopnya sendiri dan menyelesaikan rakitan laptop pesanan saudara-saudaranya. Bahkan Hanna mengaku sering mendapat pekerjaan memperbaiki laptop tetangganya.(sdm, Humas Pemkab Gresik)

0 comments:

Post a Comment