KOTOK ASAP KAYA GIZI PENAMBAH STAMINA PRIA



Menu kuliner khas daerah dengan lauk ikan asap, memang memiliki aroma sedap. Di Lamongan Jawa Timur, menu kuliner ikan kotok atau ikan gabus, menjadi idola tersendiri karena daging ikannya yang gurih. Bahkan, ikan kotok di percaya mempercepat penyembuhan luka bakar serta menambah stamina pria dewasa.

Selain di kenal dengan kuliner soto ayamnya, kota Lamongan sebenarnya memiliki kuliner ikan kotok asap yang di olah secara tradisional. Di warung sederhana Desa Sukodadi Kecamatan Sukodadi milik ibu Sanati, para pelanggan setia datang bergantian menikmati menu kuliner nasi kotok asap. Nama ikan kotok merupakan sebutan masyarakat jawa, atau di sebut ikan gabus pada masyarakat pada umumnya.

Menu kuliner ikan kotok asap ini di sajikan dengan sayur lodeh. Cita rasa yang gurih berkat daging ikan kotok dan pedas, cukup menggoda selera makan. Bahkan, ikan kotok di percaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti mempercepat pembentukan tulang, serta menambah stamina pria dewasa.

Sebelum di sajikan, ikan gabus yang sudah di potong-potong beberapa bagian di cuci terlebih dahulu, agar tidak menimbulkan bau amis. Ikan kotok yang sudah di campur dengan adonan bumbu rempah, lalu di asapkan hingga setengah matang.

Ikan kotok yang telah di asapkan, kemudian di masukkan masak dengan sayur lodeh yang sudah di sediakan. Cara memasaknya pun juga masih tradisional. Untuk merebus sayur lodeh kotok asap ini menggunakan tungku kayu bakar atau disebut juga kejubung. “Cara memasak tardisional seperti ini menyebabkan rasa menu masakan menjadi berbeda”, ujar Sanati.

Untuk satu porsi nasi ikan kotok asap sayur lodeh, pelanggan hanya merogeh kocek 10.000 ribu hingga 15.000 rupiah. Percaya atau tidak, sebagian besar masyarakat percaya ikan kotok atau gabus memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti mempercepat pembentukan tulang serta menambah stamina pria dewasa.

0 comments:

Post a Comment