SUSU KAMBING ETAWA YANG MENYEHATKAN


Susu etawa memang kalah populer dan familiar dibanding susu sapi. Namun, susu dari hasil perahan kambing etawa ini memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Setelah mengembangkan budidaya ternak sejak satu tahun lalu, kesuksesan beternak kambing jenis etawa kini mulai dirasakan oleh Kelompok Tani Ngudi Raharjo di Desa Gandokan, Kranggan, Temanggung Jawa Tengah.

Selain dapat menjual anak kambing dengan harga antara satu hingga juta rupiah per ekor dari hasil peternakan, kini mereka mendapat penghasilan tambahan dengan mengembangkan usaha pemerahan susu kambing etawa tersebut.

Seperti yang ada di tempat peternakan yang dikelola secara berkelompok ini, terdapat sekitar 30 ekor kambing etawa dengan 12 indukan jenis kambing etawa super. Setiap hari, rata-rata mereka mendapatkan susu hasil perahan antara 10 hingga 15 liter.

Harga susu kambing etawa tersebut memang lebih mahal dibandingkan susu sapi yang biasa di jual dipasaran, yakni 30 ribu rupiah perliter. Selain dijual di pasaran lokal, susu kambing etawa tersebut juga telah merambah ke luar Jawa, seperti Kalimantan, Sumatera dan Bali.

Menurut para peternak, susu kambing etawa ini selain bagus untuk ketahanan tubuh bayi, juga dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit. Seperti penyakit asma, liver, kencing manis dan diabetes. “Sesuai hasil penelitian ahli kesehatan” susu kambing etawa sangat bagus untuk kesehatan”, ujar Soni Setiawan, salah seorang peternak.

1 comment:

  1. Memang benar sekali susu kambing etawa sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Semoga kebaikan informasi ini segera menyebar luas.

    ReplyDelete