BEDUG MOTIF UKIRAN KHAS JEPARA RAMAI PESANAN



Dari masa ke masa, keberadaan bedug masjid di Indonesia tidak berubah menurut fungsinya, yaitu sebagai bunyi-bunyian pembuka sebelum adzan di kumandankan. Bedug juga ditabuh saat hari hari tertentu seperti pengiring saat mengumandangkan takbir.

Namun, untuk membuat bedug agar bersuara keras dan lebih nyaring tidaklah mudah. Ada beberapa pengrajin bedug yang mampu membuat bedug, namun suaranya lembek. Salah satunya adalah bedug buatan Hadi Ismanto Jl. Raya Senenan Rt. 02/01 Timur RSU Kartini Jepara.

Yang membedakan bedug buatan Jepara dengan bedug lainya adalah, kulit bedugnya yang berasal dari kulit kerbau. Kulit kerbau lebih tahan lama dan kuat dibandingkan kulit sapi, karena semasa hidupnya kerbau hanya mengkonsumsi makanan alami.

Proses pembuatan satu buah bedug memerlukan waktu hingga satu bulan, diawali dari proses pembuatan kerangka, hingga mengoven kayu jati yang dijadikan penampang lingkaran bedug.

Agar kulit kerbau lebih awet, sebelum dipasang terlebih dahulu di lumuri batu kapur atau fosfat. Kemudin untuk mempercantik bedug, di bagian penampang bedug di ukir sesuai keinginan pemesan.

Di bulan Ramadhan, jumlah pesanan bedug di jepara pun mengalami peningkatan, ,bahkan pesanan meningkat antara tiga puluh sampai empat puluh persen dari hari biasa .

Selain banyaknya pesanan ke berbagai masjid di wilayah nusantara , bedug haji maskun juga dikirim ke mancanegara seperti Malaysia , Brunai Darussalam, Thailand, Amerika dan sejumlah negara Timur Tengah .

0 comments:

Post a Comment