BONGKO KOPYOR, HIDANGAN SPESIAL BERBUKA PUASA



Bongko kopyor, atau bubur kelapa kopyor, menjadi hidangan spesial berbuka puasa, warga kota santri, gresik, jawa timur. Menu warisan nenek moyang tersebut, tidak sekedar menyegarkan, tetapi juga berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga puasa.

Bongko kopyor, yakni menu warisan nenek moyang ini, semula hanya hidangan buka puasa, khas warga pesisir utara gresik, tepatnya di desa manyar sidomukti, kecamatan manyar.

Namun, seiring perjalanan waktu, bongko kopyor, kini berkembang menjadi menu spesial buka puasa, tidak hanya warga gresik, tetapi juga warga dari kota lain, diantaranya surabaya, dan lamongan.

Badriyah, pembuat bongko kopyor, sedikitnya menerima pesanan 300 sampai 500 bungkus, per hari, untuk memenuhi pesanan warga dari kota gresik, maupun warga kota lain, yang datang berkunjung ke kota gresik.

Hidangan buka puasa, berbahan baku, buah pisang, buah nangka, buah kelapa, roti, gula jawa dan santan buah kepala ini, hanya bisa ditemui pada bulan suci Ramadhan, sebagai hidangan spesial buka puasa. “Menu ini sudah ada cukup lama dan menjadi ikon kota Gresik”, ujar Badriyah.

Pada bulan suci Ramadhan seperti saat ini, warga dijamin tidak kesulitan mendapatkan bongko kopyor, karena setiap menjelang datangnya bedug magrib, banyak warga menjajakan hidangan buka puasa di pasar dadakan, kawasan manyar, kabupaten gresik.

Para penghobi santapan bongko kopyor, mengaku menyukai bongko kopyor, karena rasanya manis, legit, dan segar, sehingga tepat disantap saat buka puasa. Bagi fatimah, belum lengkap rasanya, jika berbuka puasa tanpa menikmati kesegaran menu yang telah ada sejak ratusan tahun silam tersebut. Selain menyehatkan, bongko kopyor, juga berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga.

Untuk bisa menikmati kesegarannya, warga cukup mengeluarkan uang lima ribu rupiah, untuk sebungkus bongko kopyor, yang banyak dijual di pasar-pasar dadakan, menjelang datangnya bedug Maghrib.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...