MASJID TUA JERRAE YANG EKSOTIK


Masjid Taqwa atau masjid tua Jerrae, diyakini merupakan masjid tertua kedua di Sulawesi Selatan setelah masjid Katangka di Kabupaten Gowa. Masjid tua yang dibangun pada abad ke-16 ini terletak di desa Allakkuang, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Konon pada abad ke-16, salah seorang penyebar agama islam di Sulawesi Selatan, yakni Syekh Yusuf, menyempatkan diri beristirahat di desa allakkuang. Saat itu syekh usuf tengah melakukakan perjalanan menyebarkan agama Islam dari Gowa menuju ke Sidrap, Sulawesi Selatan.

Namun, karena tidak menemukan tempat shalat, Syekh Yusuf akhirnya mendirikan sebuah masjid dibantu oleh sejumlah sahabatnya yakni Nene Mallomo, Abdullah atau Syekh Bojo dan masyarakat sekitar.

Saat ini, masjid tua Jerrae bentuknya tidak pernah di rubah seperti pertama kali dibangun. Dibagian utama masjid, terdapat empat buah tiang peyangga atap yang konon terbuat dari batang lombok.

Di masjid ini, juga tersimpan sejumlah barang peninggalan para pendiri masjid, seperti keranda mayat yang terbuat dari kayu. Dibagian luar keranda mayat tersebut terukir ayat kursi. Menurut cerita warga setempat, konon keranda tersebut biasaya bergerak sendiri jika ada warga sekitar masjid yang akan meninggal dunia.
Masjid yang pernah mengalami pemugaran satu kali, pada tahun 1980 ini, tidak pernah sepi dari warga yang ingin menunaikan ibadah shalat lima waktu, terlebih di bulan suci Ramadhan.

Sayang, karena masjid tua Jerrae yang jauh dari perkotaan, tak banyak warga sekitar yang mengetahui jika masjid itu memiliki sejarah penting dalam penyebaran agama Islam di Sulawesi Selatan.

0 comments:

Post a Comment