PATROLI SAHUR, POLISI BLUSUKAN KAMPUNG BAWA KENTONGAN DAN BAGIKAN NASI BUNGKUS



Musik sahur biasanya di mainkan para pemuda untuk membangunkan sahur. Namun, di Gresik Jawa Timur, musik sahur justru di mainkan oleh polisi yang blusukan ke kampung sambil membawa kentongan dan membagikan nasi bungkus (21/07/2012.)

Jelang pukul 03.00 pagi di kawasan kota gresik, suara bedug dengan di iringi irama kentongan dan gamelan bersahutan. Ya! Irama musik sahur ini di mainkan oleh 30 orang anggota unit Sabhara Polres Gresik.

Dengan menggunakan mobil patroli, korps berseragam coklat ini melakukan patroli sahur dengan memasuki perkampungan warga. Untuk sementara, senjata mereka digantikan kentongan, bedug dan gamelan. Topi dinas dan baret yang biasa mereka kenakan untuk sementara juga tergantikan oleh peci.

Dipimpin oleh Kapolres Gresik, AKBP Zulfikar Tarius, sekitar 20 anggota berangkat dari Mapolres menuju pemukiman warga. Sebuah megaphone tak lupa dibawa untuk meneriakkan seruan sahur. ”Kegiatan ini adalah rangkaian pengamanan selama Ramadhan dan Idul Fitri”, ujar Kapolres Gresik.

Di tambahkannya, Bentuk pengamanan mulai dari penempatan anggota di lokasi-lokasi rawan tindak criminal seperti perbankan dan pertokoan, hingga menambah aneka kegiatan seperti musik sahur.

Disamping memainkan musik sahur, polisi juga membagikan nasi bungkus kepada warga yang mereka temui.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya polisi dalam meningkatkan pengamanan serta memperkecil angka kriminalitas selama bulan ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri.

0 comments:

Post a Comment