SONGKOK LUKIS MOTIF ANAK, LARIS MANIS HINGGA MANCANEGARA



Pesanan songkok lukis, di sentra kerajinan songkok di Gresik Jawa Timur, sempat mengalami kelesuan. Untuk menyiasati merosotnya permintaan, para pelukis songkok membuat beragam inovasi, terutama untuk motif anak-anak. Motif ini paling banyak diburu untuk persiapan berlebaran nanti.

Beragam motif songkok lukis, karya tangan kreatif, Abdul Yazid, seorang perajin songkok warga kelurahan kroman, kecamatan gresik kota, sangat unik dan beragam. Berbagai motif dan model songkok, mampu dihasilkannya. Diantranya beludru polos, songkok Cheng Ho dan songkok lukis yang semuanya bercorak lukisan tangan dan dilakukan secara tradisional.

Dari sekian banyak motif songkok, motif lukis anak-anak adalah yang paling banyak diminati dan diburu para konsumen, seperti songkok lukis gambar mobil-mobilan, kartun Sound The Ship, Angry Bird dan Sponge Bob.

Abdul Yazid, sengaja mengembangkan inovasi songkok lukisnya ini berdasarkan selera pasar, dengan membidik pasar anak-anak, dengan menyuguhkan beragam kreasi lukisan yang lagi trend di kalangan anak-anak.

Menjelang lebaran seperti ini, para perajin mengaku kebanjiran order, dibanding hari-hari biasanya. Semula, perajin hanya bisa memproduksi sebanyak 20 hingga 25 buah songkok setiap hari. Kini, pesanananya melonjak, hingga mencapai 30 sampai 40 buah songkok setiap harinya.

Namun, tingginya permintaan songkok lukis, justeru membuat para perajin kewalahan, karena terbatasnya tenaga pelukis, yang tersedia, karena semua proses lukis, dilakukan secara manual, layaknya membatik.

Untuk menghasilkan produk songkok lukis yang berkualitas, mereka hanya menggunakan cat sintetis dengan kualitas tinggi, sehingga cat yang melekat di songkok, warnanya tidak cepat pudar.

Songkok lukis produk Abdul Yazid, dijual dengan harga bervariasi mulai dari 40 Ribu Rupiah, hingga 75 Ribu Rupiah per potong, dengan pasar kota-kota besar di Jawa dan Kalimantan. Bahkan, songkok lukis anak ini juga di minati pasar Singapora dan Malaysia.

0 comments:

Post a Comment