SUKSES DENGAN KERUPUK AMPAS TEPUNG SINGKONG


Titi warga Desa Manis Lor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, sejak dua tahun terakhir menjadikan rumahnya sebagai tempat usaha pembuatan keripik gemblong yakni ampas tepung singkong. Home industri milik Titi kini telah memiliki sepuluh orang karyawan.

Proses pembuatan keripik gemblong ini cukup rumit. Singkong yang sudah dikupas digiling terlebih dahulu. Setelah lembut, direndam air selama tiga jam, kemudian adonan gemblong ini diperas untuk diambil ampasnya.

Ampas gemblong kemudian diberi bumbu seperti penyedap rasa, garam daun bawang dan sedikit tepung aci. Proses pencetakanya menggunakan alat sederhana berbentuk bulatan yang terbuat dari plastik. Hasil cetakan kemudian digoreng. Bila saat panas, aroma gemblong yang cukup khas sangat santer tercium di hidung kita.

Selain dipasarkan di wilayah kabupaten Kuningan, keripik gemblong ini juga di pasarkan diluar Kuningan seperti Cirebon, Indramayu, Bandung dan Jakarta. Harganya pun cukup murah yakni 7 Ribu Rupiah perkilogramnya, dengan omzet satu bulan omset pendapatan titi sendiri perbulan antara Satu Juta sampai Tiga Juta Rupiah tergantung banyaknya pesanan.

0 comments:

Post a Comment