TARI LILANING ATI SAMBUT RAMADHAN



Sejumlah pelajar di Gresik jawa timur, menyambut bulan suci Ramadhan dengan memainkan tari Lilaning Ati. Tari yang meniru gerakan dalam shalat tersebut, di harapkan mampu mengingatkan masyarakat untuk menghormati datangnya bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah (18/07/2012.)

Tari Lilaning Ati tersebut di mainkan sejumlah siswi SMK Nahdatul Ulama Gresik, di halaman Pendopo Bupati setempat. Dengan iringan lagu shalawat nabi, para penari berlenggak lenggok meniru gerakan orang yang melakukan shalat ini.

Lilaning Ati berarti mengingatkan hati akan keagungan tuhan yang maha esa khususnya dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, melalui gerakan ritmis yang indah.

Tarian ini menggambarkan sebuah suri tauladan, kegigihan tekat dan keiklasan hati seorang muslim dalam mengemban sebuah amanah yang dipadu dalam gerak lembut dan dinamis seirama dengan lantunan pujian lagu-lagu shalawat.

Tari lalaning ati, konon di sadur dari cerita rakyat Gresik, tentang banyaknya orang yang datang ke pesantren sunan Giri, guna menuntut ilmu serta mengenal ajaran islam secara lebih mendalam. “ada keikhlasan dan pengabdian yang di tunjukkan seorang hamba melalui tarian ini”, ujar Rina Diah Rahmadani, ujar salah seorang penari.

Penampilan tari Lilaning Ati ini adalah rangkaian kegiatan pawai musik Ramadhan yang di gelar dinas pariwisata setempat, guna mengingatkan masyarakat agar menghormati datangnya bulan suci Ramadhan.

Dalam pawai ini, tak kurang dari 40 kelompok masyarakat menampilkan berbagai kesenian yang kerap di mainkan saat Ramadhan, seperti musik sahur, hadrah dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment