GURAMI TERBANG SAUS KURMA MENU LEZAT SAAT BERBUKA


Pernahkah mendengar menu ikan gurami terbang Saos Kurma? Ya menu ini adalah sajian unik salah satu warung makan di jalan sukowati kota Ponorogo Jawa Timur. Menu yang menjadi pilihan berbuka puasa ini cukup unik, karena ikan gurami goreng, disajikan dalam posisi seperti terbang.

Menu ini sebenarnya adalah gurami goreng, namun disajikan dengan posisi seperti bersayap dan terbang. Sayap berasal dari daging ikan yang dipisahkan dari durinya, dan dibentuk seperti sayap.

Dengan penyajian seperti ini, daging gurami lebih mudah disantap, karena daging ikan sudah terpisah dari durinya. Sebagai pelengkap, ditambahkan saus kurma. Dengan rasa gurih ikan dan manis kurma, tentunya membangkitkan selera makan siapa saja yang pernah menikmatinya.

Untuk membuat gurami terbang saus kurma ini cukup mudah. Ikan gurami yang sudah siap digoreng, disayat daging sebelah kanan dan kiri. Setelah diberi bumbu, bawang dan ketumbar, lalu ikan ditaburi tepung. Saat digoreng, posisi daging ikan sebelah kanan dan kiri, harus tetap terbuka, dan ikan digoreng sampai kering.

Untuk saus kurma, berasal dari tomat, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, cabe kecil, cabe merah, gula dan garam. Kurma cincang dan kurma utuh sudah dipisahkan bijinya. Semua bahan disangrai, diberi sedikit tepung dan air. Gurami goreng yang sudah matang, langsung ditaburi saus kurma, agar bisa meresap.

Di bulan puasa permintaan menu gurami terbang, meningkat. Selain harganya yang cukup terjangkau, cita rasa dari menu ini tak perlu diragukan lagi. Dengan uang 30 Ribu Rupiah, kita bisa menikmati gurami terbang dengan nasi, untuk lima orang, lengkap dengan minumnya.

0 comments:

Post a Comment