KREASI TOPLES IDUL FITRI KARYA IBU RUMAH TANGGA, BANJIR PESANAN



Dengan memanfaatkaden waktu luang, seorang ibu rumah tangga di Gresik Jawa Timur, berkreasi dengan membuat toples penuh hiasan warna warni. Toples Idul Fitri tersebut, banjir pesanan hingga luar pulau (04/08/2012.)

Kesibukan Yani Fitria Diana, seorang ibu rumah tangga di jalan usman sadar kota Gresik, yang mengisi hari-harinya dengan membuat aneka hiasan toples Idul Fitri, terus meningkat. Dalam sebulan terakhir, kesibukannya kian bertambah menyusul pesanan toples terus datang dari berbagai daerah termasuk dari kawasan pulau sumatera.

Sesuai namanya, toples tempat kue Idul Fitri ini di hias dengan beragam hiasan seperti bedug, kubah, ketupat, serta aneka hiasan yang menggambarkan keceriaan lebaran.

Proses membuat hiasan toples ini sebenarnya cukup mudah. Mula-mula, membuat hiasan pinggir toples dengan membentuk bulatan memanjang dari kertas flanel yang di hiasi pita. Warna hiasan dan pitanya pun di sesuaikan dengan selera. Bulatan panjang ini selanjutnya di tempelkan ke bagian sisi toples hingga penuh.

Proses berikutnya dengan memasang aneka hiasan pada tutup toples. Hiasan-hiasan ini, sengaja di buat beragam dan di pasang sedemikian rupa, hingga membentuk sebuah toples yang cukup elegan dan unik.

Menurut Yani, ide membuat toples Idul Fitri ini berawal saat ada keinginan kuat mengisi waktu luangnya sebagai ibu rumah tangga. Berbekal pengalaman kerja di rumah konveksi, Yani kemudian mencoba membuat toples hias dengan memanfaatkan moment Idul Fitri. “Sekarang kan tengah menghadapi lebaran, jadinya saya bikin yang ada kaitanhya dengan lebaran”, ujarnya.

Dalam seminggu, Yani mampu membuat tak kurang dari 20 toples. Toples-toples ini, selanjtunya di kirim ke sejumlah pemesan dengan kisaran harga antara 30 hingga 40 Ribu Rupiah setiap toples, tergantung jenis hiasan dan tingkat kerumitan membuatnya.

0 comments:

Post a Comment