KUE LEPET, KUE UNGKAPAN MAAF DI HARI LEBARAN



Setiap daerah, punya makanan khas yang di hidangkan saat hari lebaran. Selain ketupat, warga juga membuat kue lepet yang menjadi ungkapan permintaan maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan.

Kue lepet adalah makanan khas warga Pantura Lamongan dan Gresik Jawa Timur, saat merayakan hari lebaran. Bentuknya unik dengan bahan pembungkus janur atau daun kelapa yang masih muda. Kata lepet atau lepat berasal dari bahasa jawa, yang artinya salah. Dan kue lepet ini dihidangkan atau dibagikan kepada tatangga pada hari lebaran sebagai simbol permintaan maaf di hari lebaran.

Kue lepet dibuat dari bahan utama beras ketan. Bahan campurannya adalah kelapa parut, kacang tolo, garam, dan janur atau daun kelapa sebagai pembungkusnya.

Cara membuatnya, ketan putih lebih dulu dicuci bersih lalu direndam selama satu jam. Begitu juga kacang tolo, direndam dulu dengan air panas dan didiamkan selama satu jam.

Setelah itu ketan ditiriskan. Lalu dicampur dengan kelapa parut, dan garam. Campuran ini dipisah menjadi dua bagian. Satu bagian lain lalu dicampur dengan kacang tolo. Kemudian siapkan pembungkus dari janur. Janur dibuka dari tangkupannya hingga ukurannya menjadi lebar. Lalu dibentuk sedemikian rupa agar bisa menampung adonan ketan. Baru kemudian, adonan lepet dimasukkan ke dalam bungkus daun kelapa. Agar tidak tumpah, daun kelapa berisi adonan lepet diikat dengan tali bambu.

Adonan lepet kemudian di rebus selama 3 jam, hingga matang. Merebus lepet memang butuh waktu lama agar lepet bisa padat.

Untuk menikmati lepet, ikatan tali bambu dilepas. Lalu janur dibuka. Diiris menjadi beberapa bagian, baru kemudian dimakan. Tekstur ketan yang lengket merupakan simbol harapan agar silaturrahmi dalam keluarga dan tetangga selalu erat.

Pada hari lebaran, kue lepet pun dibagi-bagika kepada para tetangga sebagai ungkpan permintaan maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...