WINGKO BABAT EMPAT RASA LARIS MANIS DI BURU PEMUDIK



Selain tempat wisata, pusat oleh-oleh khas daerah menjadi tujuan pengunjung dari luar kota. Salah satunya Wingko Babat, oleh-oleh khas asal Lamongan Jawa Timur. Dengan menghadirkan empat rasa pilihan yakni rasa coklat, keju, durian, dan nangka, wingo Babat tersebut di buru para pemudik sebagai oleh-oleh usai mudik lebaran (22/08/2012.)

Tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh oleh khas daerah bagi warga saat mudik lebaran. Sebuah jajanan khas daerah Lamongan, yakni Wingko Babat, selalu di buru pembeli ketika lebaran. Salah satunya pusat toko penjualan Wingko di kecamatan Babat Lamongan misalnya.

Pada lebaran ini, penjualan Wingko Babat meningkat tajam hingga seratus persen, di banding hari biasa. Para pembeli rata rata datang dari luar kota, baik dari jakarta, surabaya, semarang, dan bahkan dari luar negri sekalipun.

Nama Babat merupakan daerah asal mula adanya Wingko. Masyarakat luas menyebut jajanan yang terbuat dari ketan ini sebagai Wingko Babat.

Kue ini memiliki tingkat kegagalan yang rendah, mengingat pembuatannya tidak diperlukan teknik fermentasi atau pengocokan telur yang rumit. Namun, rasanya luar biasa. Legitnya ketan dan gurihnya santan terasa lezat di lidah. Apalagi aroma wangi vanili semakin menggugah selera.

Uniknya, penjualan Wingko Babat ini bebas untuk di coba sebelum di beli. Bahkan, salah satu pemudik, setiap pulang kampung membawa oleh oleh Wingko Babat untuk keluarga di rumah.

Wingko Babat kini datang lebih banyak rasa, mulai dari rasa coklat, keju, durian, dan nangka. Selain itu, bentuk Wingko Babat bermacam macam, dari ukuran kecil hingga ukuran sebesar raket tenis lapangan.

Wingko Babat ini di jual bervariatif mulai dari harga 27 ribu rupiah hingga 130 ribu ruiah, tergantung ukuran Wingko.

Selain Wingko Babat, jajanan khas daerah lainnya juga tak kalah di buru pemudik. Di antaranya madu mongso yang terbuat dari tape, jenang dan bandeng presto.

0 comments:

Post a Comment