ASYIKNYA MANDI LUMPUR DI WADUK KERING



Musim kemarau menyebabkam sebagian besar waduk di Gresik Jawa Timur, kering. Namun, sisa genangan air berlumpur di waduk, justru di manfaatkan anak-anak kampung untuk mandi sambil bermain. Anehnya mereka mengaku tidak terserang (03/09/2012.)

Keceriaan anak-anak Desa Petung Kecamatan Panceng ini, sangat bertolak belakang dengan kekeringan yang di alami warga setempat. Ya! Mandi sambil bermain air lumpur di waduk desa yang mengalami menyusul tibanya musim kemarau ini, menjadi kebiasaan baru anak-anak setempat.

Hampir tak ada rasa segan atau pun jijik sama sekali, saat mereka melumuri sekujur tubuhnya dengan lumpur waduk. Bahkan, tak jarang mereka berkumur-kumur dengan air kotor ini.

Kebiasaan mandi lumpur ini memang biasa mereka lakukan setiap musim kemarau tiba, saat air waduk Petung I ini kering dan hanya menyisakan genangan air berlumpur.

Meski demikian, mereka mengaku tidak terserang penyakit kulit ataupun penyakit lainnya yang bersumber dari air kotor. “Gak merasakan sakit apa-apa, kita sudah biasa”, ujarnya, Kirana, salah seorang anak.

Waduk seluas 80 hektar ini, merupakan 1 di antara dua waduk yang mensuplai kebutuhan irigasi untuk ratusan hektar persawahan di sekitarnya. Namun, seiring keringnya waduk ini, sawah-sawah tersebut, di biarkan terlantar, hingga tibanya musim penghujan.

1 comment:

  1. katanya mandi lumpur adalah salah satu therapy kesehatan yang disarankan banyak dokter ahli :)

    ReplyDelete