BANGUN BACKBONE FIBER OPTIC DAN TAMBAH 18 FREE HOTSPOT DI KECAMATAN



Pemkab Gresik segera bangun backbone fiber optic jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sepanjang 9210 m yang menghubungkan kantor Bupati Gresik sebagai core switch, BPBD, Dispendik, Disbudparpora, dan Dispenduk Gresik. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi, Bambang Hadi melalui Kabag Humas, Andhy Hendro Wijaya Rabu (19/9). “saat ini proyek senilai Rp. 1,4 milyar ini masih dalam proses lelang” katanya.

Selain pembangunan jaringan bachbone fiber optic, Pemkab Gresik juga membentuk Komite Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta menambah dan mengembangkan free hot spot untuk melengkapi seluruh pendopo kecamatan di Kabupaten Gresik. Saat ini masih ada 5 titik free hot spot yaitu kantor Bupati Gresik, Kantor Perpustakaan dan Arsip, Dinas Perijinan, Alon-alon Kota Gresik dan gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro.

Masih perlu penambahan 18 hotspot lain yang akan dipasang di 18 kecamatan di Kabupaten Gresik. Penambahan ini akan dilaksanakan pada tahun 2013.“saat ini tengah persiapan. Untuk mencukupi penambahan hotspot tersebut, kami perlu manambah band width sebesar 18 mbps. Untuk penambahan band width kami laksanakan pada tahun ini satu paket dengan pembangunan jaringan bachbone fiber optic”ujarnya.

Tentang pembentukan Komite Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), selain beranggotakan unsur SKPD juga diikuti oleh perguruan tinggi dan lembaga sekolah. Tugas komite TIK ini nanti yaitu Pembangunan dan pengembangan Telecenter, Pengadaan dan operasional Mobil Pusat layanan Internet Kecamatan (MPLIK), fasilitasi pembentukan dan operasional komunitas TIK, Penambahan dan pengembangan free Hotspot, pengembangunan dan pengembangan media center, Talk conference, Pengembangan Jaringan Backbone WAN, dan ICT Pura 2012. (sdm, humas pemkab gresik)

0 comments:

Post a Comment