GURIH DAN NIKMAT, RUJAK KANGKUNG DAUN PISANG

Rujak biasanya berisi aneka macam buah-buahan segar yang telah di iris kecil-kecil. Namun rujak yang satu ini justru dibuat dari bahan dasar sayuran, yakni kangkung.

Kangkung biasanya digunakan masyarakat untuk membuat kuah sayur seperti sop dan lain sebagainya. Namun ada juga kegunaan lain dari kangkung, yaitu diolah dan dijadikan bahan dasar untuk membuat rujak. Namanya rujak kangkung yang menjadi salah satu sajian utama Warung Kangkung D'orange di Jalan Jenderal Sudirman kota Indramayu Jawa Barat.

Tidak ada yang rumit dari rujak kangkung ini. Kangkung segar yang telah dipilih, dipotong dan dibuang tangkainya. Setelah kangkung dicuci dengan air bersih, kangkung direbus dalam air mendidih. Tidak sampai 5 menit, kangkung yang sudah matang diangkat lalu ditiriskan.

Selanjutnya, kangkung di sajikan dalam piring yang dilapisi daun pisang. Hal ini untuk menjaga rasa alami dari kangkung. Namun sebelum disajikan, kangkung terlebih dahulu dibubuhi sambal khusus yang terbuat dari campuran cabai rawit, terasi dan asam. Selain kangkung yang masih segar, perpaduan rasa cabai, terasi dan asam inilah yang membuat yang membuat rujak kangkung terasa lebih segar, gurih dan nikmat.

Karena banyaknya permintaan, penjual bisa menghabiskan hingga 500 porsi rujak kangkung per hari. Harganya pun relatif sangat terjangkau. 1 porsi rujak kangkung, hanya dibanderol 2.500 Rupiah saja.

Rujak kangkung sangat cocok dinikmati pada siang hari. Jangan lupa, kenikmatan dan kesegaran rujak kangkung akan lebih terasa, jika dimakan dengan kerupuk mie.

0 comments:

Post a Comment