JAMBORE NASIONAL SEPEDA ONTHEL BERHADIAH KERBAU

Ribuan sepeda kuno atau biasa disebut sepeda kebo, dipamerkan dalam rangka Jambore Nasional sepeda ontel, di Gresik, jawa timur. Di samping pameran, kegiatan juga di meriahkan dengan konvoi keliling kota Gresik berhadiah se-ekor kerbau (23/09/2012.)

Beragam sepeda kuno, buatan berbagai negara menghiasi setiap sudut halaman GOR Tridharma Gresik dalam rangka Jambore Nasional sepeda onthel, yang di ikuti hampir dua ribu onthelis dari seluruh Nusantara.

Sepeda kuno atau yang biasa disebut sepeda kebo ini, menjadi unik lantaran aksesorisnya masih orisinil tidak dirubah sama sekali oleh pemiliknya.

Keunikan lain juga, dibarengi dengan aksesoris pemiliknya, yang menggunakan aksesoris pejuang. Seolah menjadikan orang yang melihat bernostalgia di masa lalu.

Dari berbagai jenis sepeda yang dipamerkan, jenis sepeda kebo yang pernah digunakan mendiang presiden Soekarono saat membonceng ibu negara Fatmawati, yaitu jenis Sunbeam buatan Belanda yang dibuat pada tahun 1923. Tipe lain yang tidak kalah unik yaitu, jenis Fongers, buatan Jerman dibuat tahun 1924 yang ditawar 50 Juta Rupiah.

Kusnadi, salah satu pencinta sepeda onthel, mengakku sangat senang mengoleksi sepeda kuno, karena bisa bernostalgia ke masa lalu. Saat ini kusnadi mengkoleksi sebanyak 90 unit sepeda kuno. Sepeda yang paling mahal yaitu fongers yang ditawar 50 juta, karena sulitnya untuk mendapatkan sepeda tipe seperti ini, termasuk sulitnya mendapatkan spart partnya. “Memang butuh ketelatenan dalam merawat sepeda tua. Apalagi, cuaca di Indonesia saat kini sering berubah, hingga bisa mengganggu perawatan sepeda”, ujar Kusnadi.

Kegiatan juga di meriahkan, konvoi keliling kota lama Gresik menggunakan sepeda kuno. Bahkan, para onthelis juga menggunakan berbagai atribut kedaerahan termasuk baju tempo dulu untuk bernostalgia. “Para peserta memabwa aksesoir kedaerahannya masing-masing sehingga menggambarkan kaenka ragaman bangsa”, kata Letkol Art Eko Wibowo Kusrianto,pembina klub sepeda onthel Gresik yang juga Dandim 0817 Gresik.

uniknya, konvoi ini di tutup dengan undian berhadiah utama seekor kerbau, sebagai simbol untuk melestarikan sepeda kuno atau yang biasa disebut sepeda kebo.

Bagi para onthelis, jambore ini bukan hanya sekedar bernostalgia ke masa lalu, tapi lebih dari itu adalah untuk mempererat persaudaraan, di saat nilai-nilai pancasila kurang terhayati dengan baik.



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...