KERAJINAN TENUN ENCENG GONDOK KEWALAHAN PENUHI PESANAN


Kerajinan tenun enceng gondok kabupaten pekalongan ktersebut memiliki pasar luas di manca negara dan beromset hingga ratusan Juta Rupiah. Para pengrajin mengaku hanya bisa memenuhi 20 persen pesanan.

Kerajinan kreatif dari bahan sederhana enceng gondok tersebut banyak dikerjakan oleh mayoritas warga Desa Pakumbulan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Kerajinan yang berawal dari hobi dan coba-coba tersebut, tersebut memiliki banyak peminat terutama untuk pasar manca negara.

Untuk membuat kerajinan ini tidaklah sulit dan bisa dikerjakan dirumah. Perajin mula-mula memilih bahan baku enceng gondok kualitas terbagus dan disobek memanjang kecil-kecil. Enceng gondok yang sudah menjadi helaian tersebut kemudin ditenun dengan alat tenun tradisional, kemudian diikat menggunakan benang.

Dari hasil tenun tersebut, kemudian di lanjut dengan proses pewarnaan dan diberi motif. Produk tersebut kemudian dipaket dan dibungkus dengan plastik dan kardus untuk di kirim ke pemesan.

Dalam satu bulan, para pengrajin di desa pakumbulan sedikitnya membutuhkan 15 ton bahan baku enceng gondok yang saat tersebut didatangkan dari daerah rawa pening salatiga jawa tengah, dan mampu menghasilkan sedikitnya 20 ribu meter hasil tenun enceng gondok.

Hasil kerajinan tenun enceng gondok ini selanjutnya dikirim ke berbagai negara seperti Amerika dan beberapa negara Eropa, serta beberapa negara di Asia seperti Jepang dan Hongkong.

Meski mampu menghasilkan puluhan ribu meter tenun enceng gondok seperti wallpaper, placemate, taplak meja makan dan sebagainya, namun para pengrajin desa tersebut hanya mampyu memenuhi sekitar 20 persen dari pesanan para pedagang mancanegara terutama Hongkong yang saat tersebut merupakan negara terbesar pemasok kerajinan tersebut. Para pengrajin mengaku kewalahan memenuhi pesanan dan omset kerajinan tersebut ktersebut mencapai ratusan juta bahkan miliyaran rupah.

Di sentra industri tenun ini, terdapat ratusan warga yang bergerak menjadi perajin tenun, mulai dari akar wangi, enceng gondok dan beberapa jenis tenun lainnya.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...