KRISIS AIR BERSIH, RIBUAN SANTRI SHALAT ISTISQO’

-->
Kondisi kemarau yang kian parah yang memicu krisis air bersih, mendorong ribuan santri di Gresik Jawa Timur, melakukan shalat istisqo’, atau shalat minta hujan (20/09/2012.)

Dengan berpakaian sederhana, ribuan santri Pondok Pesantren Al-Ibrohimi Kecamatan Manyar, Gresik, berkumpul di lapangan pesantren untuk melakukan shalat istisqo’ atau shalat minta hujan.

Para santri yang terdiri dari siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi ini, dengan khusu’ dan tekun mengikuti semua prosesi shalat, yakni di mulai dengan permohonan ampun kepada sang maha kuasa atas segala khilaf dan kesalahan selama ini.

Selanjutnya, pengasuh pesantren memimpin shalat dua rakaat yang di susul dengan khutbah berisi nasehat agar para santri menjalankan perintah agama dan menjahui larangannya.

Di sela-sela khutbah, para santri melakukan ritual membalik baju sebagai pertanda sangat membutuhkan hujan untuk meng-akhiri kekeringan. Apalagi, para santri terpaksa mencari air keluar pondok pesantren untuk sekedar berwudhu’ saja. “Kita sengaja melonggarkan peraturan, agara santri bisa mendapatkan air meski harus keluar areal pondok, ujar KH Khoirul Atok, salah seorang Pengasuh Pesantren Al-Ibrahimi.

Selama musim kemarau berlangsung, pihak pesantren terpaksa mengeluarkan biasa ekstra dengan membeli air dari mobil tangki hingga mencapau 5 Juta Rupiah perhari untuk mencukupi kebutuhan seribu orang santri.

Bagi para santri, shalat istisqo’ ini tidak sekedar hanya shalat minta hujan, tetapi juga pengamalan dari pelajaran tentang shalat istisqo’ yang selama ini di dapat dari pelajaran di sekolah.

0 comments:

Post a Comment