MENIKMATI GULAI KEPALA IKAN KAKAP DI TEPI PANTAI

Gulai kepala ikan,ya itulah nama kuliner khas pesisir pantai Puger Jember Jawa Timur. Gulai tersebut menjadi menu fovourit yang banyak dipesan pelanggan di salah satu rumah makan di tepi pantai Puger. Apalagi, ikan kakapnya masih segar dan langsung di nikmati di pinggir pantai.

Mengolah menu gulai kepala kakap sebenarnya tidaklah sulit. Ikan kakap segar ukuran sedang, di potong dan diambil hanya bagian kepalanya saja. Kepala ikan kemudian dipotong kecil sesuai ukuran yang di kehendaki. Tujuannya agar bumbu lebih mudah meresap kedalam daging ikan saat diolah.

Setelah kepala ikan dicuci bersih. Ikan kemudian siap diolah dengan berbagai bumbu tradisional. Bumbu-bumbu tersebut antara lain, bawang merah,bawang putih, kunyit dan garam. Tidak lupa untuk memberi rasa pedas dan segar ditambahkan cabe rawit dan belimbing wuluh atau belimbing sayur.

Bumbu-bumbu tersebut, kecuali cabe rawit dan belimbing sayur tersebut, kemudian dihaluskan. Setelah itu ditumis dengan minyak. Setelah tercium bau wangi, kemudian kepala ikan, cabai dan belimbing dimasukkan kedalam wajan dengan ditambahkan sedikit air untuk kuahnya hingga masakan matang. Setelah matang, gulai kepala ikan ini kemudian siap disajikan dan dinikmati dengan nasi putih.

Pemilik rumah makan, mengaku awalnya mengolah menu dengan coba-coba. Pasalnya kepala ikan tersebut sering dibuang saat mengolah menu lainnya. Namun kemudian ia mencoba mengolah kepala ikan kakap tersebut dan ditawarkan kepada para pelanggannya. Ternyata para pelanggannya banyak yang suka. Dan bahkan menjadi menu favorit di rumah makan tersebut.

0 comments:

Post a Comment