IKAN SALUANG GORENG, CAMILAN KHAS BANJAR YANG GURIH

Bagi anda penggemar makanan berbahan baku ikan, tak ada salahnya mencoba menu yang satu ini. Namanya ikan saluang goreng. Ya! Ikan berukuran mini yang banyak berkembangbiak di sungai Kalimantan Selatan tersebut memiliki rasa gurih, sehingga cocok untuk di jadikan sebagai camilan serta oleh-oleh khas Banjarmasin.

Di Kota Banjarmasin, Anda denga mudah menemukan rumah makan atau kedai yang menjual ikan Saluang goreng ini. Salah satunya adalah di Rumah Makan Cendrawasih jalan Pangeran Samudera Banjarmasin yang sejak 50 tahun lamanya ikut mempopulerkan Ikan saluang goreng sebagai makanan khas Banjar.

Rumah makan yang khusus menyajikan makanan khas banjar ini banyak dikunjungi pelanggan, termasuk para wisatawan yang datang dari luar Kalimantan Selatan.

Selain bisa menjadi pelengkap lauk nasi, ikan saluang ini juga sangat cocok dijadikan cemilan atau kudapan. Itu sebabnya banyak pengunjung yang khusus membeli ikan saluang goreng sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin.

Untuk menghasilkan ikan saluang goreng yang renyah dan gurih ini sangatlah sederhana. Setelah benar-benar bersih, ikan saluang basah kemudian dimasukkan ke dalam campuran air, asam jawa dan garam. Ikan selanjutnya diredam beberapa saat, lalu digoreng menggunakan tungku arang dengan minyak yang cukup banyak dan panas.

Ikan Saluang Goreng bisa tahan dua minggu dan akan kembali renyah setelah digoreng lagi.

Dalam satu hari ikan saluang mentah yang di produksi mencapai 200 kilogram. Jika sudah digoreng jumlah itu akan menyusut menjadi 50 kilogram.

Untuk satu kilogram ikan saluang goreng harganya 134 ribu rupiah. Namun anda juga bisa membelinya dengan kemasan seperempat kilogram seharga Rp 33.500.

0 comments:

Post a Comment