JELANG IDHUL ADHA, PERAJIN PISAU GOLOK MENUAI BERKAH

Jelang perayaan Idhul Adha, para perajin pisau golok di Gresik, Jawa Timur, kebanjiran pesanan. Bahkan, pesanan pisau parang dan golok yang biasa digunakan untuk menyembelih dan memotong hewan qurban, meningkat hingga 300 persen di banding hari sebelumnya. Agar tidak mengecewakan para pemesan, para perajin terpaksa menambah jam kerja hingga larut malam (11/10/2012.)

Sejak dua pekan terakhir, pandai besi di Desa Kawisanyar, Kecamatan Kebomas, Gresik, semakin sibuk menyusul naiknya pesanan produk kerajinan mereka hingga mencapai 300 persen lebih.

Jika pada hari biasa, mereka hanya mampu memproduksi sebanyak 10 pisau per hari. Tetapi sejak dua pekan terakhir, meningkat hingga mencapai 30 pisau, perhari.

Berbeda dengan tahun lalu, pesanan terbanyak saat ini adalah jenis golok, parang serta kapak yang biasa digunakan warga untuk menyembelih hewan qurban.

Muhammad Iksan, adalah satu-satunya pandai besi yang hingga kini masih bertahan dengan alat tradisionalnya, terpaksa menambah jam kerja hingga larut malam agar tidak mengecewakan para pemesan.

Untuk menghasilkan pisau berkualitas, perajin hanya menggunakan bahan baku limbah besi baja atau bantalan per kendaraan yang sudah tidak terpakai lagi, sehingga kualitas produknya cukup kuat, tajam dan tidak mudah berkarat.

Para pelanggannya datang dari berbagai wilayah Gresik, dan kota lain sekitarnya seperti Lamongan, Surabaya dan Sidoarjo.

Produk pisau karya perajin di sentra Gresik ini, dijual dengan harga bervariatif, mulai dari 100 Ribu Rupiah, hingga 300 Ribu Rupiah bergantung ukuran parang dan kapak yang dipesan.



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...