JAJE ALEM RASA GULA AREN KHAS BALI YANG NIKMAT

Jaje alem adalah salah satu camilan khas Bali memiliki citarasa gula aren yang manis bercampur aroma daun pisang sehingga memiliki citarasa tersendiri yang alami. Hingga kini jajanan khas Bali tersebut sering menjadi pelengkap secangkir kopi dan teh sehingga rasanya sangat mantap.

Jaje alem memiliki bentuk yang unik, yaitu bulat memanjang yang dibungkus dengan daun pisang. Salah satu panganan khas Bali tersebut memiliki rasa gula aren yang manis bercampur dengan rasa daun pisang. Terasa kenyal bila dikunyah sehingga sangat cocok bila ditemani dengan secangkir teh atau kopi.

Cara pembuatan jajan tradisional bali ini tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, yaitu tepung kanji, tepung ketan, gula aren,dan sedikit garam. Proses pembuatannya pun sangat mudah, pertama tepung kanji dan tepung ketan diulek, kemudian dituangkan gula merah sampai cair.

Nah setelah halus, adonan dimasukan kedalam plongsong daun pisang yang sudah dibentuk dan selanjutnya dikukus sampai matang. Dengan waktu kurang lebih setengah jam,jaje alem sudah jadi dan siap dihidangkan.

Hanya yang perlu sedikit diperhatikan yaitu plonsong daun pisang tidak boleh bocor, supaya tidak rugi kalau sampai bocor nanti isinya akan kosong.

Jaje alem ini biasanya dibuat saat ada upacara adat, maupun konsumsi pribadi. Nah! apabila tertarik, Anda bisa mencoba membuatnya dirumah, karena caranya sangat sederhana dan mudah.

0 comments:

Post a Comment