OSENG-OSENG KEONG LAUT PENGGOYANG LIDAH YANG NIKMAT

Apa jadinya jika keong laut atau usal yang selama ini tak pernah dimanfaatkan, justru menjadi hidangan istimewa. Mujiyanto, salah satu pemilik warung makan di wilayah pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta, justru keong laut yang selama ini jarang di manfaatkan menjadi menu andalan warungnya hingga diminati banyak pelanggan.

Di warung Mujiyanto, Oseng-Oseng Keong Laut Lombok Ijo, menjadi menu istimewa dan menggoyang lidah. Cara pembuatannya pun cukup simpel seperti oseng pada umumnya. Yaitu pertama-tama bawang merah dan bawang putih yang sudah di haluskan di tumis terlebih dahulu, kemudian cabe hijau yang telah di potong dan daun salam, barulah usal atau keong yang sudah di ambil dari cangkang dan telah di rebus terlebih dahulu ini, dan di berikan sedkit garam dan gula kemudian di tumis hingga matang. Keong lombok ijo pun siap di sajikan.

Selain menyuguhkan rasa gurih, pedas dan tidak amis, oseng-oseng keong laut juga diyakini mampu meningkatkan stamina tubuh.

Menurut pemilik warung ide awal menjual oseng usal ini saat pelanggannnya meminta di buatkan oseng dari usal dengan lombok ijo. Sejak saat itu, usal lombok ijo menjadi menu istimewa bagi wisatawan yang datang ke Pantai Kukup. “Awalnya hanya permintaan sejumlah pelanggan saja. Tapi saat ini sudah banyak yang menyukainya”, ujar Mujiyanto.

Jika hari libur, dalam sehari ia mampu menghabiskan 5 kilogram usal, atau keong, namun kendala yang di hadapi adalah saat air laut pasang, bahan baku usal ini sangat sulit untuk di cari. Untuk harga per porsi beserta nasi, anda hanya cukup merogoh gocek 12 ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati oseng usal lombok ijo yang menggoyang lidah.

0 comments:

Post a Comment