SENI GURIAN, KESENIAN JAMAN PAJAJARAN YANG NYARIS PUNAH

Khasanah budaya sunda memang tak ada habisnya. Namun keberadaannya kini cukup memprihatinkan karena sulit mencari penerus. Salah satunya adalah seni Gurian.

Seni Gurian merupakan peninggalan ki sunda pada jaman Kerajaan Pajajaran ini, pada awalnya hanya menyuguhkan alat gamelan dasar yang konon katanya merupakan ungkapan rasa atau perasaan Prabu Siliwangi terhadap derap masyarakat dalam membangun kehidupan bersama.

Gurian pada awalnya hanya terdiri dari kecapi dan suling saja, namun seiring dengan perkembangan zaman, seni ini ditambahkan gendang dan bahkan alat musik modern seperti keyboard.

Lantunan bait apik Sinden memberi kesan tersendiri bagi penikmatnya, apalagi saat diselingi tabuhan khas alat musik kecapi dan suling.

Sajian seni Gurian semakin apik saat sinden yang juga penari menyuguhkan lenggok jaipong, saking menjiwainya, seorang pensinden bahkan mengalami histeria atau kesurupan.suguhan semakin lengkap saat para penikmat ikut berjoget tak ubahnya seni jaipong maupun tayub.

Sayangnya seni peninggalan budaya bangsa ini tak banyak diketahui masyarakat, bahkan keberadaanya kini semakin hilang karena sulit mencari penerus.

0 comments:

Post a Comment