MENDULANG RUPIAH DARI BETERNAK BURUNG JALAK YANG MULAI LANGKA

Berawal dari hobi memelihara berbagai jenis burung, Adi Wicaksono, seorang pemuda warga desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, berhasil membudidayakan burung jalak. Suaranya yang merdu serta tubuhnya yang indah membuat burung jalak yang mulai langka tersebut memiliki pesona tersendiri dan harganya pun mencapai jutaan rupiah.

Peluang bisnis penangkaran burung jalak semakin memiliki tempat tersendiri karena burung jenis ini semakin langka. Kelangkaan burung jalak ini membuat Adi Wicaksono, cukup giat dalam membudidayakannya. Apalagi, keuntungan yang di raihnya cukup menggiurkan.

Dengan memanfaatkan halaman belakang rumah yang cukup luas, ratusan burung jalak ditangkarkan di lima puluh kandang untuk dikembangbiakkan. Hasilnya pun cukup menjanjikan. Harga burung jalak anakan yang berumur satu bulan dipatok sekitar Lima Ratus Ribu Rupiah, sedangkan untuk indukan harganya bisa mencapai Empat sampai Lima Juta Rupiah.

Karena banyaknya pesanan dari para penggemar burung, Adi pun mengaku kewalahan. Kebanyakan pesanan berasal dari kudus sekitar dan kota kota besar lainnya seperti Semarang, Yogyakarta, Surabaya hingga Jakarta. Sejak empat tahun lalu, di lokasi penangkaran ini dikembangbiakan tiga jenis burung jalak, yakni Jalak Uren, Jalak Mandarin dan Jalak Putih.

Menurut Adi, mengembangbiakkan burung jalak tidaklah rumit. Makanan dan perawatannya hampir sama dengan jenis burung lainnya. Hanya saja butuh ketekunan dalam pemeliharaannya, seperti harus memberisihkan kandang secara rutin agar burung jalak terhindar dari penyakit.

Selanjutnya, cukup dibuatkan kandang dengan ukuran luas, alat penetas dan disinvektan sebagai pencegah penyakit. Selain sebagai sarana bisnis dan hobi, penangkaran juga merupakan salah satu bentuk usaha untuk melestarikan burung jalak yang kini populasinya kian menurun.

“Karena populasinya yang terus berkurang dan kian langka, burung jalak banyak di buru para penggemar burung”, ujar Adi.

Burung berkicau jenis jalak kian digemari kalangan pecinta burung. Kicauannya yang nyaring dan merdu serta memiliki tubuh indah dan bulu yang khas menjadi pesona tersendiri bagi para penggemarnya.

0 comments:

Post a Comment