SAJIAN GURIH SEMUR KERANG JAMANG

Kerang adalah salah satu biota laut yang memiliki rasa gurih yang khas. Cita rasa tersebut akan menjadi lebih nikmat jika di padu dengan bumbu dari rempah-rempah tradisional khas pantura Gresik Jawa Timur.

Adalah kerang, salah atu jenis kerang yang banyak berkembang biak di pantai utara Kabupaten Gresik. Kerang berbentuk lonjong dengan warna kuning tersebut, di kenal memiliki daging cukup besar dengan tekstur kental. Karena itu, kerang jamang banyak di suka karena mudah di masak dan rasanya pun cukup gurih.

Warga desa Banyu Urip kecamatan Ujungpangkah misalnya, memiliki makanan khas berbahan kerang jamang yang di kenal dengan nama ‘semur kerang jamang’. Sesuai namanya, kerang jamang di masak dengan kuah semur.

Soal rasa, hmm…. hmmm jangan di tanya. Sekali saja Anda merasakannya, di pastikan akan ketagihan. Pasalnya, gurihnya daging kerang jamang bukan sekedar mampu menggoyang lidah Anda, tapi lebih dari itu, menyuguhkan rasa nikmat tiada tara.

Untuk membuat masakan semur kerang jamang sangatlah mudah. Pertama, Cuci bersih kerang, lalu rebuslah hingga matang. Pada saat yang sama, haluskan semua bumbu kecuali batang sereh, daun salam dan lengkuas. lalu bumbu yang sudah dihaluskandi goring dalam wajan hingga matang dan kemudian ditambahkan kecap manis. Aduk hingga rata dan matang. Setelah itu, bumbu ditambahkan ke rebusan kerang. Tunggu sampai matang dan semur kerang jamang pun siang di santap.

Di desa Banyuurup,. masakan semur kerang jamang sering tidak di jual bebas melainkan di sajikan untuk menghormat tamu dari luar daerah yang berkunjung ke desa. Meski demikian, semur kerang jamang, cukup di kenal sebagai salah satu ikon masakan tradisional khas pantura Gresik.

0 comments:

Post a Comment