PEPES OLOR SUMSUM KAMBING, BIKIN BADAN BUGAR

Bagi Anda penggemar masakan kambing, tak lengkap rasanya jika belum menyantap menu khas yang satu ini. Namanya pepes olor kambing. Olor adalah urat sum-sum yang ada di dalam tulang belakang. Selain rasanya yang nikmat dan khas, olor kambing dipercaya bisa meningkatkan stamina.

Salah satu warung sate yang menyediakan pepes olor kambing adalah Warung 29, letaknya di kawasan Kota Lama Semarang Jawa Tengah.

Olor diambil dari tulang belakang kambing. Dari satu ekor kambing hanya didapat setengah meter olor saja. Sebelum dimasak, olor lebih dulu dibuang kulit tipis yang mengikatnya. Tujuannya agar saat dimakan bisa terasa teksturnya.

Setelah semua kulit tipisnya dibuang barulah olor atau sum-sum tulang belakang ini dikumpulkan dan dicuci bersih. Nah, sekarang olor akan dimasak pepes. Caranya, olor dibungkus dengan daun pisang. Sengaja, saat dibungkus tidak diberi bumbu. Karena olor ini nanti akan diberi kuah rempah-rempah.

Setelah bungkus berisi olor ini direbus, lalu dibuka dan dihidangkan di piring. Bentuknya mirip usus, tapi berisi penuh dengan sum-sum. Untuk menghidangkan, olor diberi kuah rempah-rempah, bisa juga kuah gulai.

Bagi penggemarnya, pepes olor kambing menjadi hidangan istimewa. Selain menyantap sate kambing, atau tongseng, olor kambing biasanya menjadi semacam klangenan dan diyakini bisa membuat badan bugar.

Biasanya, pepes olor kambing langsung dimakan tanpa nasi. Tapi bisa juga disantap sebagai lauk, seperti kita makan gulai atau tengkleng kambing. Harga satu porsi pepes olor kambing ini 20 Ribu Rupiah. Menarik bukan?

0 comments:

Post a Comment